Ada 5, Kenali Pengelompokan Jenis Gula yang Perlu Diketahui Menurut dr. Hans Tandra

Senin 07-10-2024,19:08 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Gula merupakan salah satu sumber nutrisi yang membantu fungsi organ dan memberikan energi pada tubuh saat beraktivitas.

Namun, mengonsumsi gula secara berlebihan tentunya akan berdampak untuk kesehatan salah satunya adalah dapat meningkatkan gula darah yang dapat berisiko pada penyakit diabetes. 

Tahukah kamu sebenarnya gula dapat digolongkan menjadi beberapa kelompok. Apa saja kelompoknya? Yuk, cari tahu dan simak jawabannya pada ulasan di bawah ini.

dr. Hans Tandra, yang merupakan seorang Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Endokrinologi Metabolik dan Diabetes, memberikan informasi mengenai pump pengelompokan jenis gula yang perlu diketahui. 

BACA JUGA:Ingat! Jangan Sampai Banyak Pikiran Membuat Susah Tidur

BACA JUGA:12 Makanan Ini Mampu Meningkatkan Kesuburan Wanita

Berikut pengelompokan jenis gula menurut dokter Hans yang dirangkum dari video yang diunggah akun TikTok @info_kesehatan.id. 

1. Kelompok Paling Jahat

Jenis gula yang termasuk kelompok gula paling jahat yaitu ada gula pasir, gula aren, gula batu, dan brown sugar. Beberapa gula yang berada di kelompok paling jahat merupakan golongan yang cepat sekali kenaikan gula darah.

“Saya akan ceritakan dari urutan daripada yang manismanis yang manis itu sebetulnya menu manis itu banyak saya boleh kelompokkan dalam beberapa kelompok kelompok paling jahat pasti gula pasir, gula jawa, gula aren, gula batu, Brown sugar segala itu golongan yang cepat sekali sekejap mata gula kita naik” ujarnya. 

2. Kelompok Sirup

Kelompok yang kedua adalah golongan sirup-sirup seperti mapel sirup dan madu. Madu mengandung glukosa dan sukrosa yang memiliki kalori tinggi yakni 75% yang lebih baik dijauhi. 

“Lalu kelompok kedua adalah golongan sirup sirup, mapel sirup ya kemudian honey termasuk kelompok dua dalamnya apa dalamnya adalah glukosa dan sukrosa itu juga gula bahkan dalam penelitian disebutkan semua honey 75% adalah gula tetap berkaluri tinggi kalau anda punya gula anda punya gemuk lebih baik jauhi” ujarnya. 

BACA JUGA:12 Makanan Ini Mampu Meningkatkan Kesuburan Wanita

BACA JUGA: Bisa Hilang Selamanya! Ini Cara Mengatasi Bau Mulut yang Bikin Gak PD

Kategori :