Ini 8 Jenis Pupuk Organik Terbaik Bagi Tanaman

Sabtu 28-09-2024,22:45 WIB
Reporter : Bakti Setiawan
Editor : Ari Apriko

6. Ampas Kopi

Ampas kopi mengandung kalsium, kalium, nitrogen, dan fosfor yang berguna untuk mengasamkan tanah. Ini sangat baik digunakan untuk tanaman yang menyukai tanah asam seperti blueberry, mawar, dan tomat. Anda bisa menaburkan ampas kopi langsung ke tanah atau merendamnya dalam air untuk menyiram tanaman.

7. Cangkang Telur

Cangkang telur mengandung 93% kalsium karbonat, yang berfungsi untuk memperkuat struktur tanah dan mendukung pertumbuhan tanaman. Cangkang yang sudah dihancurkan bisa dicampur dengan tanah atau disebarkan di permukaan tanah sebagai pupuk.

BACA JUGA:Cara Membuat Pupuk dari Pisang

BACA JUGA:Cara Membuat Pupuk Kalium Organik dari Sabut Kelapa

8. Kulit Pisang

Kulit pisang kaya akan potasium, yang sangat dibutuhkan tanaman untuk pertumbuhan bunga dan buah. Kulit pisang bisa dikubur di sekitar tanaman, seperti mawar, untuk memberikan tambahan potasium dan memperbaiki pertumbuhan tanaman.

Semua bahan organik di atas bisa dengan mudah didapat dari sisa-sisa rumah tangga dan membantu memperkaya tanah secara alami tanpa perlu menggunakan bahan kimia. Menggunakan pupuk organik tidak hanya lebih ekonomis, tetapi juga ramah lingkungan dan baik untuk kesehatan tanaman dalam jangka panjang.(**)

Kategori :