Ini 8 Jenis Pupuk Organik Terbaik Bagi Tanaman

Sabtu 28-09-2024,22:45 WIB
Reporter : Bakti Setiawan
Editor : Ari Apriko

BENGKULUEKSPRESS.COM- Pupuk organik adalah pilihan yang sangat baik untuk merawat tanaman secara alami dan berkelanjutan. Berikut adalah beberapa pupuk organik yang bisa Anda buat sendiri di rumah, lengkap dengan manfaatnya untuk tanaman:

1. Potongan Rumput

Potongan rumput kaya akan nitrogen, yang sangat dibutuhkan oleh tanaman untuk pertumbuhan daun. Potongan rumput bisa digunakan sebagai mulsa di permukaan tanah untuk menjaga kelembapan dan mencegah gulma tumbuh. Sebagai tambahan, nitrogen dari rumput yang terurai akan menyuburkan tanah.

BACA JUGA:Membuat Pupuk NPK Alami dari Daun Kelor

BACA JUGA:Membuat Pupuk Organik Cair dari Daun Kelor

2. Gulma

Gulma yang biasanya dianggap sebagai masalah di kebun ternyata juga bisa dimanfaatkan. Gulma kaya akan nitrogen, dan untuk mencegah penyebaran biji gulma, Anda bisa membuat teh gulma. Caranya, rendam gulma dalam air selama 1-2 minggu hingga air berubah warna menjadi coklat. Air rendaman ini bisa digunakan untuk menyiram tanaman dan memberikan nutrisi tambahan.

3. Sampah Dapur

Limbah dapur seperti sisa sayur, kulit buah, dan serpihan makanan lainnya bisa dijadikan kompos. Kompos secara perlahan melepaskan nutrisi penting ke dalam tanah dan membantu mempertahankan kelembapan tanah. Ini sangat ideal untuk kebun sayur selama musim kemarau.

4. Kotoran Hewan

Kotoran dari sapi, ayam, dan kuda adalah sumber pupuk yang kaya akan nitrogen. Namun, pupuk kandang mentah dapat membakar tanaman karena keasamannya. Lebih baik menggunakan kotoran yang sudah dikomposkan sehingga aman untuk tanaman dan membantu meningkatkan retensi air dalam tanah.

BACA JUGA:Cara Membuat Pupuk Organik Perangsang Bunga dan Buah

BACA JUGA:Cara Membuat Pupuk Organik Cair dari Kulit Nanas

5. Dedaunan

Dedaunan yang gugur dapat dijadikan pupuk dengan mengolahnya ke dalam tanah atau digunakan sebagai mulsa di permukaan tanah. Daun kaya akan mineral alami yang baik untuk tanah, mempertahankan kelembapan, dan menarik cacing tanah yang membantu aerasi tanah.

Kategori :