Meskipun Rezeki Sudah Ditetapkan Allah, Kenapa Manusia Harus Tetap Berusaha? Ini Kata Aa Gym

Kamis 26-09-2024,06:00 WIB
Reporter : Ari Apriko
Editor : Ari Apriko

Harta, di sisi lain, mengacu pada materi yang kita miliki, seperti uang, rumah, kendaraan, dan benda berharga lainnya.

Oleh karena itu, jika seseorang menginginkan rezeki berupa harta, seperti uang, maka ia harus berusaha, misalnya dengan bekerja.

Begitu pula jika seseorang menginginkan rezeki non-materi, seperti kesehatan, maka ia harus berusaha dengan menjaga dan merawat kesehatannya.

Ikhtiar, atau usaha, adalah bagian penting dalam menjemput rezeki. Ikhtiar berarti melakukan usaha untuk mencapai apa yang diinginkan, bukan hanya berdiam diri, berpangku tangan, atau menghindari kenyataan.

Dengan ikhtiar yang sungguh-sungguh, Allah akan memberikan rezeki sesuai dengan jalan yang telah kita usahakan.

Dalam Al Qur'an surah Ar Ra'du ayat 11, Allah SWT berfirman yang artinya:

BACA JUGA:Selain Pendamping, Aa Gym Sebut Ini Adalah Rezeki yang Paling Berharga

BACA JUGA:Bolehkah Sedekah dengan Harapan Rezeki Bertambah, Ini Kata Aa Gym

"Baginya (manusia) ada (malaikat-malaikat) yang menyertainya secara bergiliran dari depan dan belakangnya yang menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum hingga mereka mengubah apa yang ada pada diri mereka. Apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, tidak ada yang dapat menolaknya, dan sekali-kali tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia,".

Namun, AA Gym menegaskan bahwa ikhtiar saja, tanpa diiringi doa, tidak akan membawa kebahagiaan karena bisa membuat seseorang seolah menuhankan usahanya sendiri.

Sebaliknya, hanya berdoa tanpa disertai dengan ikhtiar juga tidak akan menghasilkan apa-apa. Oleh karena itu, ikhtiar dan doa harus berjalan seimbang.

Aa Gym menekankan bahwa berdoa adalah bentuk ibadah, dan sebagai hamba Allah, kita tidak perlu ragu untuk memohon kepada-Nya.

Berdoa adalah wujud ketergantungan kita kepada Allah, sementara ikhtiar adalah upaya nyata dalam menjalani kehidupan sesuai dengan kehendak-Nya. Kombinasi keduanya adalah kunci dalam mencapai kebahagiaan dan keberhasilan.

BACA JUGA:Ternyata Rezeki Bukan dari Kerja Keras dan Kerja Cerdas, Aa Gym Tegaskan dari Ini

BACA JUGA:Ternyata Bahagia Bukan Karena Banyaknya Rezeki, Ini Penjelasan Aa Gym

Hal tersebut sebagaimana firman Allah SWT dalam Al Qur'an surah Ghafir ayat 60 yang artinya:

Kategori :