Inilah 5 Tanda Tanda Batu Ginjal pada Wanita yang Jarang Diketahui

Senin 23-09-2024,13:19 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tanda-tanda batu ginjal terkadang muncul tanpa Anda sadari, jadi waspadalah sebelum kondisinya menjadi lebih serius. Jika gejalanya dikenali sedini mungkin, pengobatan akan lebih mudah karena kondisinya tidak terlalu serius.

Batu ginjal merupakan masalah saluran kemih yang banyak dialami oleh banyak orang. Kondisi ini terjadi akibat kebiasaan buruk seperti tidak berdiet, kurang minum air putih, dan jarang berolahraga. Jika hal ini dilakukan terus menerus maka ginjal akan mengalami penyakit serius.

Tanda-tanda Batu Ginjal pada Wanita 

Beberapa tanda-tanda batu ginjal pada wanita berikut ini akan membantu kamu mendeteksi batu ginjal sedini mungkin. Jika kamu merasakan beberapa gejala batu ginjal, segera lakukan pemeriksaan di rumah sakit. Berikut tanda-tandanya:

1. Nyeri hebat pada kedua sisi tubuh

Salah satu ciri batu ginjal pada wanita dan sebagian besar penderitanya adalah nyeri terjadi pada kedua sisi tubuh, mulai dari tulang rusuk, pinggul hingga tubuh bagian bawah. perut.

BACA JUGA:Ini Dia 7 Ciri dan Tanda Jika Bayi Alergi Pada Sabun Mandi

BACA JUGA:Kenali 9 Minyak Lavender Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Kondisi ini biasanya terjadi ketika batu ginjal bergerak menuju saluran penghubung ginjal dengan kandung kemih (ureter), yang kemudian dapat menyebabkan penyumbatan.

Nyeri hebat yang dalam istilah medis disebut kolik ginjal ini juga bisa menjalar ke bagian tubuh lain, seperti punggung dan selangkangan.

Dalam kondisi tertentu, penderita batu ginjal bisa mengalami nyeri hebat yang tak kunjung hilang, sehingga tidak bisa duduk diam dan mencari posisi nyaman.

2. Nyeri dan perih saat buang air kecil

Disuria adalah istilah medis untuk nyeri, rasa tidak nyaman, dan sensasi terbakar saat buang air kecil. Beberapa kalangan juga menyebutnya anyang-anyangan.

BACA JUGA:Kenali 9 Minyak Lavender Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

BACA JUGA:Ingin Cuci Darah Secara Alami, dr Zaidul Akbar Bagikan Caranya

Kategori :