Ini Dia 10 Tanda-Tanda Menstruasi Akan Segera Datang, yang Perlu Diperhatikan

Senin 23-09-2024,13:20 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

2. Kram Perut

Kram ini disebabkan oleh kontraksi otot rahim saat tubuh bersiap untuk mengeluarkan lapisan rahim.

Kram biasanya dirasakan di bagian bawah perut dan bisa bervariasi dari ringan hingga berat. Beberapa wanita juga mungkin mengalami nyeri punggung.

3. Payudara Sensitif atau Nyeri

Perubahan kadar hormon menjelang menstruasi dapat menyebabkan payudara membengkak dan menjadi sensitif. Wanita mungkin merasakan nyeri, pembengkakan, atau ketidaknyamanan saat menyentuh payudara.

BACA JUGA:Tanpa Obat-obatan, Begini Cara Ampuh Atasi Keputihan

BACA JUGA:Ketahui 7 Penyebab yang Mempengaruhi Siklus dan Durasi Haid

4. Perubahan Nafsu Makan

Hormon yang berfluktuasi dapat mempengaruhi keinginan untuk makanan tertentu. Beberapa wanita mungkin menginginkan makanan manis atau berlemak, sedangkan yang lain mungkin kehilangan nafsu makan.

5. Kelelahan atau Kelemahan

Fluktuasi hormon dan ketidaknyamanan fisik bisa menyebabkan perasaan lelah. Wanita mungkin merasa lelah meski telah cukup tidur, dan ini dapat memengaruhi aktivitas sehari-hari.

6. Munculnya Jerawat

Perubahan kadar hormon, terutama peningkatan androgen, dapat meningkatkan produksi minyak di kulit. Wanita mungkin melihat peningkatan jerawat atau kulit berminyak menjelang menstruasi.

7. Perubahan dalam Siklus Tidur

Gejala fisik dan emosional dapat menyebabkan gangguan tidur. Wanita mungkin mengalami kesulitan tidur atau merasa terbangun lebih sering saat tidur.

BACA JUGA:Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Masa Kehamilan

Kategori :