Ribuan Pelamar CPNS Pemkot Bengkulu Gagal Lolos Seleksi Administrasi

Selasa 17-09-2024,17:18 WIB
Reporter : Firman Triadinata
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM – Proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu tengah berlangsung, namun dari 3.752 pelamar yang mendaftar, sebanyak 2.292 orang dinyatakan tidak memenuhi syarat pada tahap seleksi administrasi.

Hanya 1.460 pelamar yang berhasil lolos untuk melanjutkan ke tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), yang akan digelar dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bengkulu, Achrawi, menyatakan bahwa pelamar yang tidak lolos seleksi administrasi masih memiliki kesempatan untuk melakukan sanggahan.

"Sanggahan bisa diajukan mulai 20 September pukul 00.01 WIB hingga 22 September 2024 pukul 23.59 WIB melalui akun masing-masing. Panitia akan menjawab sanggahan paling lama pada 24 September," ujar Achrawi, Selasa 17 September 2024.

BACA JUGA:Pemkot Bengkulu Usulkan Dana untuk Pembangunan Median Jalan Depan Bandara hingga Simpang Betungan

BACA JUGA:Motor Warga Pancur Mas Raib di Teras Rumah, Pelaku Pencurian Beraksi hingga Dini Hari

Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan mengikuti tes SKD yang mencakup wawasan kebangsaan, tes intelegensi umum, serta karakteristik pribadi.

Setelah itu, mereka yang lulus SKD akan lanjut ke Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), yang juga menggunakan sistem CAT BKN. Jadwal dan lokasi tes akan diumumkan dalam waktu dekat.

Achrawi menegaskan bahwa proses seleksi ini bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Ia juga mengingatkan para pelamar agar tidak memberikan dokumen palsu atau keterangan yang tidak benar, karena Pemkot Bengkulu berhak membatalkan kelulusan dan status CPNS jika pelanggaran ini terbukti.

Tahun ini, Pemkot Bengkulu mendapatkan alokasi 213 formasi CPNS, yang disesuaikan dengan kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) terutama di posisi strategis yang banyak ditinggalkan akibat pensiun.(imn)

Kategori :