Ini Dia 7 Teh Herbal yang Bantu Turunkan Kadar Kolesterol Tinggi dan Tips Cara Mengonsumsinya

Rabu 18-09-2024,12:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

2. Teh Jahe

Jahe memiliki sifat anti inflamasi dan antioksidan yang kuat. Senyawa ini membantu mengurangi peradangan dan stres oksidatif, yang dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan mencegah pembentukan plak di arteri.

Jahe juga dapat membantu meningkatkan metabolisme dan mengatur kadar gula darah.

3. Teh Kembang Sepatu 

Teh kembang sepatu, terbuat dari kelopak kembang sepatu kering atau bunga kembang sepatu, merupakan pilihan bagus lainnya untuk mendukung kesehatan jantung.

Kaya antosianin dan antioksidan lainnya, teh kembang sepatu telah terbukti menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida. Teh ini juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

BACA JUGA:Kenali 6 Manfaat Makan Sayur Acar untuk Kesehatan

BACA JUGA:Agar Rezeki Tak Begitu-begitu Saja, Habib Novel Alaydrus: Amalkan Amalan Ini

Anda dapat membuat teh kembang sepatu dengan merendam kelopak bunga kering atau kantong teh dalam air mendidih selama 5 hingga 7 menit. Nikmati teh ini panas atau dingin 1 hingga 2 kali sehari.

4. Teh Bawang Putih

Teh bawang putih menggunakan senyawa aktif yang terdapat dalam bawang putih, seperti allicin, yang dapat membantu menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Rebus siung bawang putih yang sudah dihaluskan dalam air selama 5 sampai 10 menit, lalu saring dan minum. Tambahkan jus lemon untuk menambah rasa dan manfaat kesehatan.

5. Teh kunyit

Teh kunyit juga dikenal sebagai susu emas bila dicampur dengan susu mengandung kurkumin, senyawa dengan sifat antiinflamasi dan antioksidan kuat yang membantu menurunkan kolesterol LDL dan mencegah oksidasi kolesterol, yang berkontribusi terhadap penyakit jantung.

BACA JUGA:Cegah Berbagai Risiko Penyakit, Kenali Manfaat Ikan Kembung Untuk Kesehatan

BACA JUGA:Ketahui, 5 Jenis Vitamin yang Dibutuhkan Tubuh Setiap Hari

Kategori :