Kenali Beragam Manfaat Antioksidan Untuk Kesehatan

Senin 16-09-2024,15:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Antioksidan merupakan senyawa yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Radikal bebas merupakan molekul tidak stabil yang dapat merusak DNA, protein, dan membran sel. Kerusakan ini sering dikaitkan dengan berbagai penyakit kronis dan penuaan dini. 

Jika Anda ingin memenuhi antioksidan dalam tubuh, senyawa ini dapat ditemukan dalam berbagai jenis makanan, terutama buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, teh, dan rempah-rempah. 

Penting untuk memahami manfaat antioksidan agar kita dapat memaksimalkan potensi perlindungan kesehatan yang mereka tawarkan. Berikut beberapa manfaat penting antioksidan untuk kesehatan tubuh. 

BACA JUGA:Agar Nasi Putih Lebih Sehat untuk Tubuh, dr Zaidul Akbar Bagikan Cara Mengolahnya

BACA JUGA:Terlanjur Melihat Anak Nonton Konten Dewasa? Ini Cara Tepat untuk Menghadapinya

1. Mencegah kerusakan sel

Antioksidan melindungi sel dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas. Hal ini penting karena radikal bebas dapat merusak DNA dan komponen seluler lainnya sehingga berpotensi menyebabkan penyakit degeneratif.

2. Mengurangi risiko penyakit kronis

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes. '

Misalnya, vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten diketahui dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan mengurangi peradangan dan oksidasi kolesterol LDL (kolesterol "jahat").

3. Meningkatkan kesehatan kulit

Antioksidan seperti vitamin C dan E banyak digunakan dalam produk perawatan kulit karena kemampuannya melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan polusi. 

BACA JUGA:5 Makanan Ini Ternyata Bisa Membuat Badan Tak Sehat, Berikut Penjelasan dr Zaidul Akbar

BACA JUGA:Jangan Bawa Perasaan, Bebaskan Diri dari Jerat Friendzone dengan 5 Cara ini

Kategori :