Ini Dia 6 Rebusan Daun yang Dapat Redakan Batuk Secara Alami

Sabtu 14-09-2024,11:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Daun mint kaya akan mentol, senyawa yang memberikan efek mendinginkan dan menenangkan pada saluran pernapasan. Menthol juga dapat membantu mengurangi iritasi tenggorokan dan mengencerkan lendir sehingga lebih mudah dikeluarkan.

Cara mengolah: Rebus daun mint segar dalam air selama beberapa menit, lalu minum air rebusannya. Anda juga bisa menghirup uap dari rebusan daun mint untuk membantu memudahkan pernapasan Anda.

4. Daun kelor

Daun kelor mempunyai sifat anti inflamasi dan mengandung banyak nutrisi yang mendukung sistem kekebalan tubuh. Rebusan daun kelor tidak hanya mengurangi batuk tetapi juga membantu meningkatkan imunitas tubuh sehingga mempercepat proses penyembuhan infeksi saluran pernapasan.

Cara mengolah: Rebus beberapa lembar daun kelor dalam air mendidih, kemudian air rebusan tersebut diminum dua kali sehari untuk membantu meredakan batuk.

BACA JUGA:Air Suci Masjidil Haram, Inilaj 5 Manfaat Air Zam Zam untuk Kesehatan

BACA JUGA:Waspada Sesak Nafas, Inilah 5 Pantangan yang Harus Dihindari Penderita Asma

5. Daun saga

Daun saga sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk meredakan batuk. Senyawa alami pada daun saga membantu mengurangi iritasi tenggorokan dan mencegah batuk semakin parah. Daun ini juga mempunyai efek ekspektoran yang membantu membersihkan lendir pada saluran pernapasan.

Cara mengolah:  Rebus daun saga dalam air mendidih, saring, rebus dan minum secara teratur. Dapat digunakan pagi dan sore hari untuk hasil optimal.

6. Daun Seledri

Seledri tidak hanya digunakan sebagai bahan masakan tetapi juga sebagai obat alami untuk membantu meredakan batuk. Seledri mengandung antioksidan yang membantu mengatasi peradangan pada saluran pernapasan dan melawan infeksi.

Cara mengolah:  Rebus batang dan daun seledri dalam air mendidih, lalu minum airnya. Rasa seledri yang ringan membuatnya mudah dicampur dengan bahan lain seperti jahe atau madu untuk memperkaya rasa dan khasiatnya.

BACA JUGA:Ampuh Melenyapkan Sihir dan Racun, dr Zaidul Akbar Sarankan Makan 7 Butir Buah Ini

BACA JUGA:Sayang Jika Dilewatkan, Ini Dia 8 Manfaat Air Tebu untuk Kesehatan

Rebusan daun-daun herbal di atas dapat menjadi solusi alami dan efektif untuk meredakan batuk, baik batuk kering maupun berdahak. 

Kategori :