Ini Dia 6 Rebusan Daun yang Dapat Redakan Batuk Secara Alami

Sabtu 14-09-2024,11:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Daun rebusan sering kali dijadikan sebagai obat tradisional yang bantu melawan berbagai macam penyakit termasuk batuk. 

Daun-daun tertentu memiliki kandungan zat aktif yang bersifat antiinflamasi, antimikroba, dan ekspektoran, yang membantu meredakan gejala batuk dengan lebih lembut namun efektif.

Dengan memanfaatkan kekayaan alam, kita dapat mengatasi batuk secara alami tanpa efek samping yang berbahaya.

Berikutnya, kita akan membahas beberapa jenis daun yang dapat direbus dan dipercaya mampu meredakan batuk secara efektif.

BACA JUGA:Resep Ampuh Mengatasi Alergi, dr Zaidul Akbar Bagikan Resep Menggunakan 3 Rempah Ini

BACA JUGA:Kenali 7 Manfaat Sayur Asparagus Untuk Kesehatan, Rendah Kalori Cocok Untuk Menu Harian

1. Daun Sirih

Daun sirih dikenal memiliki sifat antibakteri dan anti inflamasi. Rebusan daun sirih sudah lama digunakan untuk membantu meredakan batuk dan sakit tenggorokan. Kandungan dalam daun sirih juga membantu mengatasi iritasi pernafasan dan mempercepat proses penyembuhan.

Cara mengolah:  Rebus beberapa lembar daun sirih dalam air mendidih, lalu minum air rebusan hangat tersebut. Anda bisa menambahkan sedikit madu untuk meningkatkan efek menenangkan.

2. Daun kemangi

Daun kemangi memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu melawan infeksi penyebab batuk. Selain itu, kemangi juga membantu mengurangi gejala batuk akibat alergi atau pilek karena memiliki efek menenangkan pada tenggorokan.

Cara mengolah: Rebus beberapa lembar daun kemangi dalam air, lalu saring dan rebus airnya untuk diminum. Anda juga bisa menambahkan jahe untuk meningkatkan efektivitasnya.

BACA JUGA:Waspada Gangguan Kesehatan Serius, Simak 8 Penyebab Nyeri Leher yang Sering Terjadi

BACA JUGA:Waspada Sesak Nafas, Inilah 5 Pantangan yang Harus Dihindari Penderita Asma

3. Daun mint

Kategori :