10 Kandungan dan Manfaat Kecipir yang Baik untuk Kesehatan

Rabu 18-09-2024,17:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Apakah Anda pernah mencoba kecipir? Kecipir (Psophocarpus tetragonolobus) atau dikenal juga dengan sebutan kacang botol merupakan sayuran yang banyak mengandung nutrisi bermanfaat bagi kesehatan.

Setiap bagian tanaman kecipir mulai dari daun, biji hingga polongnya bisa dimakan. Kecipir mengandung banyak nutrisi penting yang menjadikannya makanan yang sangat bergizi.

Kecipir dapat diolah menjadi berbagai olahan lezat dan menyehatkan. Tak jarang orang mencari sayuran yang satu ini untuk dijadikan menu harian di rumah untuk keluarga. 

Kecipir memiliki sejumlah kandungan yang memiliki manfaat untuk kesehatan. Berikut beberapa kandungan nutrisi utama kecipir beserta manfaatnya untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. 

BACA JUGA:Resep Ampuh Mengatasi Alergi, dr Zaidul Akbar Bagikan Resep Menggunakan 3 Rempah Ini

BACA JUGA:Jangan Dulu Dibuang, Kenali 5 Manfaat Kulit Udang untuk Kesehatan yang Sayang Dilewatkan

1. Protein

Kecipir dikenal sebagai sumber nabati yang kaya akan protein. Dalam 100 gram kecipir, kandungan proteinnya bisa mencapai sekitar 9-15%. Protein penting untuk membangun jaringan otot, memperbaiki sel-sel tubuh, dan menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh.

2. Vitamin A

Kecipir mengandung vitamin A berupa betakaroten. Vitamin A penting untuk menjaga kesehatan mata, memperbaiki jaringan tubuh, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

3. Vitamin C

Vitamin C pada kecipir membantu meningkatkan daya tahan tubuh, mempercepat proses penyembuhan luka dan berperan sebagai antioksidan untuk membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh.

4. Vitamin B kompleks

Kecipir juga mengandung berbagai macam vitamin B seperti riboflavin (B2), niasin (B3) dan tiamin (B1) yang berperan penting dalam metabolisme energi dan menjaga kesehatan fungsi saraf dan otak .

BACA JUGA:Cara Mudah Terhindar dari Obesitas, dr Zaidul Akbar Bagikan Resep Diet Sederhana Tanpa Obat

Kategori :