Pemkab Mukomuko Dorong Pengelolaan Wisata Lokal, Perkuat Kolaborasi Masyarakat dan Pemangku Kepentingan

Rabu 11-09-2024,16:03 WIB
Reporter : Endi
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pemerintah Kabupaten Mukomuko melalui Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga (Disparpora) sukses menyelenggarakan sosialisasi pemberdayaan masyarakat dan pengelolaan destinasi wisata, Selasa (10/9/2024), di Hotel Abyan. 

Kegiatan ini dihadiri oleh 40 peserta, termasuk Sekretaris Daerah (Sekda) Mukomuko, Dr. Abdiyanto, yang mewakili Bupati Mukomuko, Kepala Dinas Disparpora, Kabid Pengembangan Destinasi Pariwisata Dispora Provinsi Bengkulu, Dasven Amril, S.Sos., serta sejumlah pejabat penting lainnya.

Dalam sambutannya, Sekda Mukomuko, Dr. Abdiyanto, menekankan pentingnya sektor pariwisata sebagai motor penggerak ekonomi lokal yang memiliki potensi besar untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). 

BACA JUGA:Verifikasi APBD-P Dijadwalkan Selesai Hari Ini, OPD Diminta Bersiap Laksanakan Kegiatan

"Pengembangan pariwisata yang optimal akan memberikan dampak langsung terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat Mukomuko," ujar Abdiyanto. Ia juga menggarisbawahi bahwa kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan pelaku usaha menjadi kunci dalam memajukan destinasi wisata di daerah tersebut.

“Kami sangat menghargai dukungan dari Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu dan berbagai stakeholder yang hadir di sini. Pemerintah Daerah Mukomuko terus mendorong Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) agar tetap bersemangat dan aktif dalam mengelola serta mempromosikan potensi wisata di desa masing-masing,” tambahnya.

Dasven Amril, Kabid Pengembangan Destinasi Pariwisata Dispora Provinsi Bengkulu, turut mendukung inisiatif ini. Ia menyebutkan bahwa sosialisasi ini adalah langkah penting dari pemerintah pusat hingga daerah untuk memperkuat pengelolaan pariwisata. 

BACA JUGA:Tingkatkan Minat Baca di Kalangan Masyarakat, Pemkot Bengkulu Hadirkan Perpustakaan Keliling

"Kami sangat mendukung perkembangan pariwisata di Mukomuko. Kami siap turun tangan untuk melakukan pembinaan, pembangunan, dan pengelolaan sektor ini agar lebih optimal," jelas Dasven.

Kepala Dispora Mukomuko, Novria Eka Putra, S.STP, mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan mengaktifkan kembali Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dalam upaya mengembangkan pariwisata lokal. 

“Mukomuko akan mengadakan dua acara besar pada tahun 2024, yaitu kegiatan wisata di Batu Kumbang dan Danau Nibung. Kami tengah mempersiapkan anggaran untuk mendukung kedua acara ini,” ungkap Novria.

Lebih lanjut, Novria menegaskan pentingnya peran serta masyarakat dalam pengembangan pariwisata. 

"Harapan kami, Pokdarwis dapat lebih bersemangat dan kreatif dalam memajukan pariwisata di desa mereka masing-masing," ujarnya. 

BACA JUGA:IKAMA Benteng Galang Donasi untuk Warga Benteng yang Idap Penyakit Jantung

Sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan keterlibatan masyarakat lokal dalam mengelola dan mengembangkan destinasi wisata, sehingga dapat memberi manfaat ekonomi dan sosial yang lebih besar.

Kategori :