Jangan Galau Lagi dengan Rezeki, Quraish Shihab Jelaskan Jaminan Rezeki dari Allah SWT

Selasa 10-09-2024,06:00 WIB
Reporter : Ari Apriko
Editor : Ari Apriko

"Hasil usaha ini ada yang dapat kita manfaatkan, ada yang tidak dapat kita manfaatkan, boleh jadi karena kita kasih orang," papar Quraish Shihab.

"Boleh jadi karena hilang, boleh jadi katena dicari dan lain-lain sebagainya. Hasil usaha adalah hasil yang diperoleh dari usaha kita," tambah Quraish Shihab.

Quraish Shihab menjelaskan bahwa hasil usaha yang dapat dimanfaatkan untuk keberlangsungan hidup, oleh pelaku usaha, adalah apa yang disebut sebagai rezeki.

"Bisa jadi ada orang berhasil kaya raya tetapi tidak semua menjadi rezekinya. Boleh jadi rezeki yang paling banyak adalah ahli warisnya," papar Quraish Shihab.

"Karena itu, Nabi bersabda, seseorang berkata hartaku, hartaku, hartaku, tidak ada yang memenuhi keinginan Putra-Putri Adam ini kecuali tanah," papar Quraish Shihab.

"Kalau dia sudah memiliki dua lembak emas mau yang ketiga. Padahal, rezekinya itu hanyalah apa yang dia makan sampai habis," jelas Quraish Shihab.

BACA JUGA:Pesan Penting tentang Keyakinan dan Usaha dalam Menjemput Rezeki, Ustaz Abdul Somad: Rezeki Tak Tertukar

BACA JUGA:Selalu Merasa Pintu Rezeki Tertutup, Ustaz Abdul Somad Bagikan Cara Membukanya

"Kalau ada sisa rezekinya kucing, rezekinya binatang, rezekinya orang lain. Sampai habis, atau yang dia pakai sampai lapuk atau apa yang disedekahkan kepada orang lain," ungkap Quraish Shihab.

Quraish Shihab menjelaskan bahwa manfaat dari apa yang disampaikan di atas akan menjadi ganjaran di akhirat dan dapat membawa nama baik di dunia.

Selain itu, Quraish Shihab menyatakan bahwa rezeki tidak hanya berupa materi, tetapi juga mencakup aspek spiritual seperti nama baik.

Jodoh yang baik, lingkungan pekerjaan yang mendukung, dan teman-teman yang baik juga termasuk rezeki karena semuanya bermanfaat untuk kehidupan seseorang.

Lalu bagaimana dengan jaminan rezeki dari Allah SWT?

"Begini, banyak orang salah paham bahwa jaminan Allah SWT itu berarti pasti ada di depannya, padahal yang pertama kita harus ingat, Allah SWT berfirman," kata Quraish Shihab 

"Tidak ada satu binatang yang bergerak di bumi kecuali Allah SWT jamin rezekinya," lanjut Quraish Shihab 

"Salah satunya adalah gerak. Lalu di antara jaminan Allah SWT itu memperlengkapkan kita dengan potensi yang menjadikan kita mumpuni bergerak," sampai Quraish Shihab.

Kategori :