Dr. Hans Tandra Berikan Tips Makan Sehat dengan 4 J

Kamis 12-09-2024,12:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

“Kemudian yang kedua, jumlah makan porsinya. Porsi kebanyakan akan membuat Anda menjadi gemuk dan kena penyakit,” kata dr. Hans. 

Ia menjelaskan, porsi makan pada pagi hari harus lebih besar karena seseorang akan melakukan banyak aktivitas sehingga membutuhkan energi, dibanding pada malam hari ketika ingin tidur.

"Nah, ingat kerja kita pagi banyak aktivitas, makanlah seperti raja. Malam, habis makan tidak banyak gerak, maka makan seperti orang miskin. Pagi raja, siang pengeran, malam pengemis istilahnya seperti itu,” lanjutnya. 

3. Jenis Makanan

Kemudian J yang ketiga adalah "Jenis"  seseorang harus perhatikan jenis makanan yang dipilih untuk dikonsumsi dengan trik "bagi pring" sehngga asupan yang masuk tidak hanya karbohidrat saja.  

Sebaiknya, kata dia, mengkonsumsi makanan harus dengan karbohidrat, protein, dan lemak sesuai kebutuhan tubuh masing-masing serta harus teratur sesuai waktu makan.

“Jadi ketika malam tidak banyak kerja, maka karbo harus dikurangi. Pada pagi hari, karbonya banyakin. Protein cari yang rendah lemak sepert fiber, high fiber, low fat, dan low protein. Itu yang harus dilakukan,” jelas dr. Hans.

BACA JUGA:Manfaat Penggunaan Pupuk Kandang, Baik untuk Tanaman dan Tanah

BACA JUGA:Ingin Rezeki Seret Menjadi Lancar, Habib Syech Bagikan Amalannya

4. Jurus Masak 

Kemudian yang terakhir yakni " Jurus Masak", maksudnya adalah kita harus memperhatikan pengolahan makanan yang kita olah. Anda harus memperhatikan cara pengolahan makanan yang ingin dikonsumsi. 

“Kalau ada gorengan, kita buang yang kriuk-kriuknya. Kalau bakar-bakar pakai arang, kita buang yang hangus. Kalau yang tim atau rebus, kuahnya jangan ambil banyak karena mengandung banyak garam,” kata dr. Hans.

“Kalau yang mentah-mentahan harus bersih jangan sampai kotor, siapa tahu bisa sakit perut. Nah akhirnya kita bisa menikmati makanan semua. Jadi, jam, jumlah, jenis, dan jurus masak. 4J itu rahasianya,” tambahnya.  

Kemudian dr. Hans menegaskan bahwa perut manusia tentu memiliki jam kerjanya sehingga tidak ada alasan untuk seseorang tidak makan dengan waktu yang teratur.

BACA JUGA:Ini Dia 7 Sabun Antiseptik yang Efektif Membunuh Kuman

BACA JUGA:Pilihan Obat Herbal Asma Bronkial yang Aman dan Efektif

Kategori :