Benarkah Semua Dosa Istri dan Anak Ditanggung Suami, Berikut Penjelasan Buya Yahya

Minggu 08-09-2024,05:00 WIB
Reporter : Ari Apriko
Editor : Ari Apriko

Ada aspek lain yang perlu dipertimbangkan untuk mendapatkan gambaran yang lebih lengkap.

"Dosa istri dan dosa anak itu dosa masing-masing, kecuali suami ikut andil dalam dosanya istri atau dosanya anak," ungkap Buya Yahya.

Dosa yang dilakukan oleh seorang istri sepenuhnya menjadi tanggung jawab istri itu sendiri, tanpa melibatkan suami.

Begitu juga, dosa yang dilakukan oleh seorang anak adalah tanggung jawab anak tersebut dan bukan ayahnya. Namun, ada pengecualian dalam hal ini.

Jika suami atau ayah berperan dalam mendukung atau membiarkan tindakan dosa yang dilakukan oleh istri atau anak, maka mereka juga akan menanggung sebagian dosa tersebut sebagai pemimpin keluarga.

BACA JUGA:Jangan Lalaikan 2 Waktu Istimewa Ini, Buya Yahya: Allah Akan Berikan Rezeki dan Ketenteraman

BACA JUGA:Sudah Melakukan Amalan Khusus, Namun Rezeki Masih Sempit, Ini Kata Buya Yahya

Misalnya, dalam konteks pernikahan seorang Muslim, jika seorang istri tidak mengenakan pakaian yang menutup aurat dan suami membiarkannya tanpa memberi teguran, maka suami juga turut menanggung dosa atas tindakan istri yang membuka aurat di hadapan orang-orang yang bukan mahram.

Jika seorang ayah membeli alat elektronik untuk anaknya tetapi tidak memberikan pendidikan yang memadai, sehingga anak menjadi lalai dalam ibadahnya, maka ayah juga akan turut menanggung dosa anak tersebut.

Sebagai kepala keluarga, seorang laki-laki memiliki tanggung jawab untuk mengingatkan dan membimbing anggota keluarganya menuju kebaikan.

Namun, jika seorang laki-laki yang bertindak sebagai imam keluarga sudah berusaha mengingatkan dan mengarahkan istri dan anaknya ke jalan yang benar, tetapi mereka tetap tidak mendengarkan, maka dosa akan ditanggung oleh masing-masing individu. Dalam hal ini, setiap orang bertanggung jawab atas perbuatannya sendiri.

Begitu pula, tidak hanya dalam konteks keluarga, tetapi juga dalam hubungan dengan orang lain, jika kita berperan dalam dosa dan kesalahan yang dilakukan oleh orang lain, kita juga akan ikut menanggung dosa tersebut.

BACA JUGA:Sudah Menikah tapi Masih Mencintai Seseorang, Ini Pesan Buya Yahya

BACA JUGA:3 Ciri Istri Sholeha yang Menjadi Idaman Suami, Berikut Penjelasan Buya Yahya

Sebaliknya, jika kita tidak terlibat dalam suatu dosa, kita tidak akan menanggung tanggung jawab atas dosa tersebut.

Itulah penjelasan Buya Yahya tentang benarkah dosa istri dan anak ditanggung suami. Semoga bermanfaat.(*)

Kategori :