8 Cara Membangunkan Bayi untuk Menyusui di Malam Hari

Senin 09-09-2024,14:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Pijat dapat menjadi salah satu cara membangunkan bayi Anda untuk menyusu. Tentu saja pijatan yang dimaksud adalah pijatan atau uleni yang lembut.

Anda dapat memijat bagian tubuh bayi mana pun, misalnya lengan, kaki, atau punggung. Kontak fisik ibu dapat membangunkan bayinya. Anda juga bisa menggelitik bagian bawah kaki bayi Anda dengan lembut untuk membangunkannya.

4. Menyanyikan lagu

Tidak hanya mendorong bayi Anda berbicara, bernyanyi juga dapat menjadi salah satu cara membangunkan bayi Anda untuk menyusui. Anda dapat menyenandungkan atau menyanyikan dengan lembut lagu apa pun. 

Saat bayi Anda mulai membuka matanya, lakukan kontak mata langsung dengannya untuk membantunya tetap terjaga.

BACA JUGA:Teh Oolong Lebih Sehat dari Lebih Teh Hijau

BACA JUGA:Lebih Bahagida dan Berumur Panjang, Ini Dia Manfaat Menjadi Orang Vegetarian yang Perlu Diketahui

5. Melepaskan Bedong atau Selimut

Masih banyak orang tua yang membedong bayinya, terutama bayi baru lahir. Salah satu tujuannya adalah memberikan kehangatan agar bayi merasa nyaman dan tidur lebih nyenyak.

Anda dapat membangunkan bayi yang sedang tidur dengan membuka tempat tidurnya. Jika Anda menggunakan penutup, bukalah. Pastikan semuanya dilakukan secara perlahan dan lembut agar tidak mengejutkan bayi Anda.

6. Menanggalkan pakaian bayi Anda

Jika membuka popok atau selimut tidak berhasil, Anda dapat membuka pakaian bayi Anda. Bayi akan merasakan kontak fisik dan udara sejuk pada tubuhnya sehingga membantu bayi cepat bangun.

Sebelum melakukan ini, pastikan anak Anda berada di tempat yang nyaman dan tidak terlalu dingin atau berangin. Saat bayi Anda mulai membolak-balikkan “protes” karena gangguan tidurnya, Anda bisa berbicara atau bernyanyi untuknya agar ia lebih waspada.

BACA JUGA:Jadikan Kulit Lebih Cerah dan Sehat, Inilah 8 Manfaat Masker Tepung Beras untuk Kecantikan

BACA JUGA:Sebaiknya Konsumsi Roti Tawar Putih Dibatasi! Ini Alasanya

7. Ubah posisi tidur

Kategori :