8 Cara Membangunkan Bayi untuk Menyusui di Malam Hari

Senin 09-09-2024,14:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM -  Bayi yang baru lahir memerlukan asupan nutrisi yang cukup untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka yang optimal. 

Menyusui adalah cara utama untuk memberikan nutrisi yang diperlukan, dan seringkali, bayi harus diberi makan secara teratur untuk memastikan mereka mendapatkan jumlah susu yang cukup. 

Namun, beberapa bayi mungkin sulit dibangunkan untuk menyusu, terutama selama minggu-minggu awal terlebih jika di malam hari.  

Bayi yang baru lahir bisa tidur sangat lelap di malam hari sehingga membuat ibu kesulitan untuk memberikan ASI. Berikut cara membangunkan bayi untuk menyusu di malam hari yang bisa Anda coba di rumah:

BACA JUGA:Manfaat Pemberian Pupuk Kompos, Mampu Meningkatkan Pertumbuhan Tanaman

BACA JUGA:Kekuatan Khodam Kambing Air, Penjaga Kestabilan Karir

1. Ajak bayi berbicara perlahan

Salah satu cara membangunkan bayi adalah dengan mengajaknya berbicara, tentunya dengan menggunakan suara yang lembut dan pelan. Sama seperti orang dewasa, rangsangan suara bisa membangunkan anak yang sedang tidur.

Anda dapat memanggil nama anak Anda berkali-kali atau mengucapkan kalimat apa pun untuk membangunkannya. Sambil berbicara dengan lembut, Anda bisa mengusap kepala, lengan, atau kaki anak Anda.

2. Dekatkan payudara ke mulut bayi

Sama seperti saat menyusui, cara lain untuk membangunkan bayi adalah dengan mendekatkan payudara ke mulut bayi. Letakkan dot agar berada di dalam mulut bayi hingga bayi terbangun.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan memeras ASI (dengan memeras areola). Biarkan ASI mengalir ke mulut bayi Anda. Secara naluriah, bayi Anda mungkin akan bangun dan segera menyusu.

BACA JUGA:Begini Cara Atasi Ruam Popok pada Bayi secara Alami

BACA JUGA:Sebaiknya Konsumsi Roti Tawar Putih Dibatasi! Ini Alasanya

3. Pijat tubuh bayi Anda

Kategori :