Pimpinan Sementara DPRD Bengkulu Segera Bentuk AKD, Komisi dan Tatib, Target Rampung di September

Selasa 03-09-2024,13:07 WIB
Reporter : Tri Yulianti
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM- Partai Golkar telah menunjuk kader terbaiknya untuk menempatkan posisi pimpinan sementara Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu.

Samsu Amanah yang baru saja dilantik sebagai anggota DPRD Provinsi Bengkulu ini juga mengemban jabatan sementara sebagai pimpinan dewan di DPRD Provinsi Bengkulu.

Diungkapkan Samsu Amanah, pasca ditunjuk sebagai pimpinan sementara, dirinya bersama Suprisman dari Partai Amanat Nasional (PAN) akan bertugas membentuk Alat Kelengkapan Dewan (AKD), komisi, dan badan-badan, serta menyusun tata tertib yang mengacu pada regulasi pusat. 

"Tugas pimpinan sementara adalah membentuk AKD, komisi-komisi, dan badan-badan, serta menyusun pedoman tata tertib yang sesuai dengan regulasi pusat," ujar Samsu Amanah usai dilantik.

BACA JUGA:Gubernur Bengkulu Beri Kesan dan Pesan untuk 45 Anggota DRPD Provinsi Bengkulu yang Baru Dilantik

Namun, sebelum membahas tata tertib dan alat kelengkapan dewan sambungnya, dirinya telah diundang oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk melakukan orientasi terlebih dahulu guna menyesuaikan dengan peraturan-peraturan terbaru.

Pelaksanaan orientasi ini dilakukan sambil menunggu empat partai politik yang menjadi pimpinan dewan, Golkar, PAN, PDIP, dan Gerindra untuk menetapkan nama kader terbaik mereka yang akan ditetapkan sebagai pimpinan dewan definitif. 

"Insya Allah, di akhir bulan September ini semua akan selesai," imbuhnya

Sementara itu, pimpinan sementara juga menargetkan penyelesaian AKD akan dilakukan secepatnya agar DPRD dapat segera menjalankan tugasnya dengan baik. 

BACA JUGA:Makanan, Minuman dan Tembakau Penyumbang Utama Deflasi Bulan Agustus 2024

Dengan langkah-langkah ini, DPRD Provinsi Bengkulu diharapkan dapat segera berfungsi penuh dan menjalankan tugas-tugas legislatif untuk kepentingan masyarakat Bengkulu.

"Ketika nanti AKD sudah selesai, otomatis kita bisa menjalankan tugas dengan baik, dan kita akan langsung melaksanakan pelantikan pimpinan DPRD definitif terlebih dahulu," tutup Samsu. (tri)

 

Kategori :