Waspada Sesak Nafas, Inilah 5 Pantangan yang Harus Dihindari Penderita Asma

Rabu 04-09-2024,10:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Asma adalah kondisi kronis yang mempengaruhi saluran pernapasan dan dapat menimbulkan gejala seperti sesak napas, batuk, dan mengi. Agar pengidap asma dapat mengelola kondisi mereka dengan baik, ada beberapa pantanagn yang perlu dihindari karena menjadi salah satu pemicu asma kambuh. 

Artikel ini akan memberikan informasi, apa saja hal-hal yang perlu dihindari penderita asma. Untuk penjelasan lengkapnya simak ulasan di bawah ini. 

Penyakit asma bukan jenis penyakit yang dianggap sepele. Penyakit ini belum ditemukan penyembuhannya. 

Serangkaian pengobatan dan perawatan untuk asma yang ada sekarang hanya pengobatan sementara untuk mencegah kekambuhan dan mengurangi rasa sakit. 

BACA JUGA:Minuman Agar Terbebas dari Penyakit Paru-paru, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

BACA JUGA:Kenali Ragam Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan

Parahnya lagi, jika tidak mendapatkan penanganan tepat, penyakit ini dapat menyebabkan kematian sehingga wajar jika penyakit ini disebut silent killer.

Ada banyak faktor penyebab asma pada seseorang, mulai dari genetik, lingkungan hingga pola makan.

Penderita asma sebaiknya menerapkan pola hidup sehat agar asma tidak mudah kambuh. Selain itu, Anda perlu mengikuti beberapa tindakan pencegahan asma. Pantangan-pantangan ini meliputi: 

1. Paparan suhu yang sangat panas dan dingin

Perubahan cuaca ekstrem dapat menyebabkan gangguan pernafasan. Cuaca yang sangat dingin juga berbahaya bagi penderita asma, karena dapat dengan mudah mempersempit saluran pernapasan dan menyebabkan serangan asma. 

BACA JUGA:Kenali Ragam Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan

BACA JUGA:Pengurus ILUNI UNP Provinsi Bengkulu Dilantik, Siap Berkontribusi Memajukan Dunia Pendidikan

Selain itu, jika cuaca terlalu panas dapat menyebabkan gangguan pernafasan. Oleh karena itu, penderita asma harus bisa mengatur perlindungannya dalam cuaca panas atau dingin.

2. Olahraga intens

Kategori :