Bantu Jaga Kesehatan Mata, Kenali 5 Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan

Selasa 03-09-2024,15:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Buah markisa, atau dikenal dengan nama ilmiah Passiflora edulis adalah salah satu buah tropis yang tidak hanya memiliki rasa yang segar dan eksotis tetapi juga menawarkan berbagai manfaat kesehatan. 

Buah ini dikenal dengan berbagai nama lokal, seperti markisa di Indonesia, passion fruit di negara-negara berbahasa Inggris, dan maracuja di Brasil.

Dikenal karena bentuknya yang unik dan aroma yang menggugah selera, markisa telah lama menjadi bagian penting dari diet sehat dan pengobatan tradisional di berbagai belahan dunia. 

Buah markisa merupakan buah yang rendah kalori namun kaya akan nutrisi. Satu buah markisa mengandung sekitar 17 kalori dan banyak nutrisi penting bagi tubuh seperti vitamin A, vitamin C, karbohidrat kompleks, protein, serat, zat besi dan kalium.

BACA JUGA:Minuman Ampuh untuk Menjaga Kesehatan Saat Pergantian Cuaca, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

BACA JUGA:Kenali Ragam Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan

Selain itu, buah ini juga mengandung antioksidan dan beberapa nutrisi lainnya, seperti riboflavin, vitamin B3, vitamin B6, magnesium, fosfor, dan folat. 

Dengan kandungannya tersebut, buah markisa mampu mendatangkan banyak manfaat kesehatan yang berbeda-beda, berikut manfaat buah markisa untuk kesehatan. 

1. Untuk Kesehatan Jantung

Manfaat yang pertama baik untuk kesehatan jantung. Buah markisa memiliki kandungan kalium yang cukup besar.

Manfaat markisa bisa melancarkan sirkulasi darah menuju jantung. Maka dari itu dengan mengkonsumsi buah markisa, kesehatan ibu hamil dan buah hati akan terjaga.

BACA JUGA:Kenali Ragam Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan

BACA JUGA:Selain Sedekah, Ustaz Abdul Somad Sarankan Ini, Agar Rezeki Seperti Para Raja-raja

2. Menangkal Radikal Bebas

Buah markisa kaya akan antioksidan, seperti polifenol, flavonoid, vitamin C, dan piceatannol. Antioksidan di dalam buah ini berperan untuk melindungi sel-sel tubuh dari dampak buruk radikal bebas.

Kategori :