Ini Dia 7 Permasalah Motor Matic yang Sering Terjadi

Senin 02-09-2024,17:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Aki sepeda motor matic seringkali lebih cepat habis dan rusak. Pasalnya aki sepeda motor akan terus bekerja untuk menyalakan lampu utama namun tidak bisa dimatikan.

4. Bahan Bakar

Penyebab selanjutnya adalah bensin atau bahan bakar. Biasanya banyak mobil matic yang mengalami masalah mesin akibat penggunaan bahan bakar yang tidak tepat.

Bahan bakar yang tidak tepat dapat menyebabkan kerusakan mesin dengan cepat dan hilangnya tenaga. Dampaknya bisa lebih berbahaya lagi jika terkena pompa bahan bakar.

5. Overheat

Berikutnya adalah overheating atau mesin terlalu panas. Masalah ini sangat jarang dan ditemukan. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan motor mengalami overheat.

Jika hal ini terjadi, mobil Anda tiba-tiba berhenti dan tidak dapat dihidupkan. Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mendiamkan mobil selama beberapa jam untuk melakukan restart.

BACA JUGA:Tidak Cepat Rusak dan Tahan Lama, Ini Dia 6 Alasan Mengapa Suku Cadang Motor Harus Asli

BACA JUGA:Perlu Diperhatikan, Simak 7 Tanda Rem Mobil Harus Diganti

6. Filter udara

Selanjutnya adalah filter udara kotor. Fungsi filter udara ini adalah untuk menyaring udara sebelum masuk ke mesin dan bercampur dengan bahan bakar.

Jika filter udara kotor, aliran udara akan terhambat dan sistem pengapian akan membutuhkan waktu lebih lama untuk bereaksi sehingga menyebabkan kerusakan pada mesin sepeda motor.

7. Busi Sepeda Motor

Berikutnya adalah masalah busi sepeda motor. Masalah ini sering terjadi pada mobil matic yang digunakan sehari-hari, bahkan untuk jarak jauh.

Setelah busi bermasalah, mesin sepeda motor Anda bisa mati dan sulit dihidupkan. Penyebabnya karena busi kendaraan kotor atau tidak layak pakai.

BACA JUGA:Perlu Diperhatikan, Simak 7 Tanda Rem Mobil Harus Diganti

Kategori :