Ini Dia 7 Permasalah Motor Matic yang Sering Terjadi

Senin 02-09-2024,17:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Memiliki mesin sepeda motor yang awet dan mulus pasti menjadi dambaan setiap pengendara. Namun hal ini bisa dilakukan dengan perawatan yang teratur dan rajin.

Khususnya untuk kendaraan bertransmisi otomatis yang memerlukan perawatan tambahan dibandingkan sepeda motor. Apalagi penyakit pada kendaraan bertransmisi matic ini tidak jauh berbeda dengan penyakit sepeda motor.

Namun harga perbaikan dan suku cadang pasti lebih mahal dan sulit untuk motor matic. Sepeda motor jenis ini menimbulkan sejumlah masalah yang sering ditemui penggunanya. Berikut ini adalah komponen motor yang sering sekali mengalami permasalahan pada motor matic. 

1. Sistem pengapian

Masalah pertama yang sering terjadi pada moto matic adalah sistem pengapian atau kelistrikan yang rusak. Sistem ini paling penting bagi mobil agar mesin bisa hidup.

BACA JUGA:Ini Dia Dampak Jika Anda Menggunakan Bahan Bakar yang Tidak Memenuhi Spesifikasi Kendaraan

BACA JUGA:Tak Perlu Repot Ke Bengkel, Begini Cara Cas Aki Mobil yang Bisa Dicoba di Rumah

Sistem pengapian ini meliputi koil, CDI, busi, sekring dan kabel bodi. Jika salah satunya rusak maka mesin akan sulit dihidupkan.

2. Starter mesin

Selanjutnya masalah starter mesin. Biasanya banyak pengendara yang menyalahkan aki sepeda motor rusak atau mati jika starter tidak berfungsi.

Namun beberapa permasalahan motor starter dapat disebabkan oleh kerusakan kabel starter atau alternator.

3. Aki sepeda motor

Aki sepeda motor adalah salah satu permasalahan yang sering terjadi pada motor matic. Keadaan ini sering terjadi dan banyak ditemui oleh masyarakat pengguna kendaraan bertransmisi matic.

BACA JUGA:Simak Spesifikasi Honda Rebel 1100 dan Harga Terbaru

BACA JUGA:Kinerja Tak Berfungsi Optimal, Ini Dia 5 Masalah pada Mobil Penyebab Lampu Redup

Kategori :