Ketua DPRD Kota Bengkulu Sementara Percepat Proses Pembentukan AKD

Rabu 28-08-2024,15:08 WIB
Reporter : Firman Triadinata
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sejak dilantik pada 21 Agustus 2024, saat ini 35 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bengkulu masih melakukan sejumlah proses sebelum melakukan kinerja efektif. 

DPRD Kota Bengkulu mempercepat pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD) untuk dapat bekerja. 

Salah satunya anggota dewan melakukan konsolidasi dan rapat bersama anggota dewan untuk membentuk fraksi. 

"Sekarang masih proses, setelah terbentuk fraksi baru kami bahas pembentukan tata tertib dewan," ujar Herimanto, Selasa 27 Agustus 2024.

Proses ini masih cukup panjang namun pihaknya akan berusaha mempercepat agar proses pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) selesai. 

BACA JUGA:Pedagang Toko Kelontong dan Warung Bisa Dapat Bantuan dari Kementerian, Ini Caranya!

Adapun AKD yang dimaksud yakni pembentukan Badan Anggaran (Banggar), Badan Musyarawarah (Banmus), Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) dan Badan Kehormatan (BK). 

"Pembentukan ini AKD ini setelah kami melakukan orientasi, artiya dilakukan secara bertahap dan kami mengupayakan itu bisa cepat," jelasnya. 

Setelah dibentuk AKD dilakukan penunjukkan unsur pimpinan definitif. Adapun calon pimpinan definitif tersebut ditentukan sesuai dengan keputusan parpol masing-masing. 

Untuk jabatan Ketua DPRD nantinya tetap dijabat oleh Herimanto peraih suara terbanyak PAN. 

Kemudian, untuk jabatan Wakil Ketua I DPRD akan dijabat Rahmad Widodo dari PKS, dan Wakil Ketua II DPRD dijabat oleh Riduan dari Partai Nasdem. 

BACA JUGA:Pemkot Bengkulu Beri Kemudahan Urus Perizinan, 7 Ribuan NIB Diterbitkan

"Untuk pelantikan pimpinan definitif akan dilakukan setelah AKD selesai," tukas Herimanto. 

Adapun tugas pertama DPRD periode 2024-2029 ini menyelesaikan pembangunan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) murni 2025. 

Proses pembahasan awal sudah dilakukan disisa jabatan anggota dewan sebelumnya, sehingga dewan periode baru melanjutkan rancangan yang telah dibentuk dan harus diketok palu sebelum akhir Desember. (*)

Kategori :