Cek Persyaratan dan Tahapan Seleksi Jika Ingin Daftar Paskibraka Nasional

Senin 26-08-2024,10:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRES.COM - Menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional merupakan suatu kebanggan tersendiri yang didapatkan seorang paskibraka. 

Untuk mencapai titik ini seorang paskibraka harus melalui proses seleksi yang dilakuan dan telah diseleksi dari seluruh Indonesia 

Anggota yang memenuhi syarat juga harus mengikuti proses seleksi untuk diangkat menjadi Paskibraka Nasional.

Paskibraka Nasional mempunyai wewenang untuk mengibarkan bendera adat pada upacara peringatan Deklarasi Indonesia di tingkat nasional. Anggota Bangsa Paskibraka dipilih dari seluruh Indonesia untuk mewakili pemerintahnya.

BACA JUGA:Mahasiswa KKN-T UNIB dan Warga Desa Tanjung Genting Kembangkan UMKM Masker Wajah Alami

BACA JUGA:Hari Pertama Pendaftaran PPDB, Sekolah Diserbu Orang Tua Murid Sejak Pagi

Ide pembangunan Paskibraka digagas pada tahun 1946 oleh ajudan Presiden Sukarno, Mayor (Marinir) Hossein Motahar. Saat itu ibu kota Indonesia baru saja pindah ke Yogyakarta.

Hussain Motahar muncul dengan ide pengibaran bendera adat oleh para pemuda yang berasal dari berbagai negara menjelang hari pertama kemerdekaan.

Sayangnya, situasi di negara tersebut belum dapat dikonfirmasi hingga pengumuman ini, dan sulit mendapatkan kesempatan dari perwakilan masing-masing negara bagian.

Terakhir, lima pemuda dari berbagai daerah yang kebetulan berada di Yogyakarta terpilih untuk mengibarkan bendera adat di halaman istana Gedong Agong Yogyakarta. 

BACA JUGA:Pemkot Bengkulu Gunakan Situs SIGAHADA Antisipasi Inflasi

BACA JUGA:Pendaftaran PPDB Zonasi Ditutup, Murid Belum Dapat Sekolah Diminta Melapor ke Dikbud

Seiring berjalannya waktu, bahkan setelah ibu kota kembali ke Jakarta pada tahun 1950, tradisi ini terus berlanjut hingga melahirkan Paskibraka seperti yang dikenal saat ini. 

Tentu saja Paskibraka dilaksanakan tidak hanya di tingkat nasional, tetapi juga di tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Lantas apa saja syarat ynag harus dipenuhi untuk menjadi seorang Paskibraka? Simak ulasan di bawah ini.

Syarat-syarat Menjadi Anggota Paskibraka Nasional

Kategori :