Kenali 8 Penyebab Mata Panda, Mulai dari Kurang Tidur Hingga Alergi

Selasa 20-08-2024,13:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Mata panda bisa dialami siapa saja, baik pria maupun wanita. Kondisi ini ditandai dengan bagian kantung mata yang tampak lebih gelap daripada warna kulit di sekitarnya. 

Selain itu, orang yang memiliki mata panda biasanya akan terlihat letih dan lebih tua dari usia sebenarnya. Mata panda, atau lingkaran hitam di bawah mata, adalah kondisi yang umum terjadi dan dapat disebabkan oleh berbagai faktor. 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, mata panda dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari kurang tidur, dehidrasi, hingga alergi. Berikut ini adalah penyebab mengenai berbagai kondisi yang bisa menyebabkan terjadinya mata panda:

1. Kurang tidur

Apakah kamu sering kali memiliki jam tidur yang kurang? Saat kurang tidur, darah tidak mampu mengalir dengan baik ke area sekitar mata. 

BACA JUGA:Simple dan Praktis! Begini Cara Memutihkan Wajah dengan Daun Sirih

Akibatnya, darah yang menumpuk di bawah mata dapat terlihat karena kulit di daerah ini sangat tipis. Selain mata panda, kurang tidur juga membuat mata tampak bengkak dan tampilan wajah menjadi kusam.

2. Pola Tidur yang Tidak Teratur

Selain kurang tidur, pola tidur yang tidak teratur juga menjadi penyebab mata panda, seperti tidur terlalu larut atau bangun terlalu pagi, dapat mengganggu ritme sirkadian tubuh dan menyebabkan mata panda. 

3. Kebiasaan Merokok dan Konsumsi Alkohol

Merokok dan konsumsi alkohol dapat memperburuk lingkaran hitam di bawah mata. 

Merokok menyebabkan pembuluh darah menyempit, yang mengurangi aliran darah ke kulit dan membuat kulit di bawah mata tampak lebih gelap. 

BACA JUGA:Kekuatan Khodam Angsa Hitam, Mampu Memberikan Perlindungan Terhadap Bahaya Gaib

BACA JUGA:Kekuatan Khodam Kupu-kupu, Mampu Mencerahkan Imajinasi

Alkohol dapat menyebabkan dehidrasi dan pembuluh darah melebar, yang memperburuk tampilan mata panda.

Kategori :