Rambut Mudah Kusut? Ini Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasinya

Selasa 20-08-2024,16:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

8. Kebiasaan Buruk

Beberapa kebiasaan, seperti tidur dengan rambut tergerai atau sering mengikat rambut terlalu kencang, dapat menyebabkan rambut kusut.

Tidur dengan rambut tergerai tanpa pelindung dapat menyebabkan gesekan dan simpul, terutama jika tidur di atas sarung bantal berbahan kasar.

9. Kesehatan Rambut yang Buruk

Kesehatan rambut yang buruk juga menjadi faktor kenapa rambut mudah kusut. Kesehatan rambut yang buruk, akibat kekurangan nutrisi, stres, atau masalah kesehatan lainnya, dapat menyebabkan rambut menjadi rapuh dan mudah kusut. Rambut yang sehat lebih tahan terhadap kerusakan dan kekusutan.

BACA JUGA:Bantu Jaga Kesehatan, Inilah 8 Manfaat Kuning Telur yang Sayang Untuk Kesehatan

BACA JUGA:Masih Jarang Dikonsumsi, Manfaat Susu Kolostrum Sapi untuk Kesehatan

Cara Ampuh Mengatasi Rambut Kusut 

1. Selalu gunakan conditioner

Selain membuat rambut jadi lebih sehat, kandungan nutrisi pada conditioner juga akan membuatnya lebih gampang diatur. Cara menggunakan conditioner yang benar adalah mengaplikasikannya dari tengah ke ujung rambut, jangan sampai ke bagian akar.

2. Pilih sampo dengan kandungan pelembap

Cara agar rambut tidak kusut lainnya adalah memilih sampo dengan kandungan pelembap tinggi yang juga disebut dengan moisturizing shampoo. Kandungan yang perlu kamu perhatikan di antaranya ceramide, dimethicone, dan essential oil.

3. Pakai hair oil setelah keramas

Salah satu perawatan yang cukup ampuh untuk mengurangi rambut kusut adalah memakai hair oil tepat setelah keramas. Dengan begitu, nutrisi lebih mudah terserap dan rambut jadi gampang diatur. 

BACA JUGA:Bantu Jaga Kesehatan, Inilah 8 Manfaat Kuning Telur yang Sayang Untuk Kesehatan

BACA JUGA:Kaya Akan Kandungan Nutrisi, Kenali 10 Manfaat Teh Spearmint untuk Kesehatan

4. Jangan terlalu sering keramas

Terlalu sering keramas bisa mengikis minyak alami pada rambut yang bisa membuatnya terlihat kusut, susah diatur, kering, dan kusam. Cara mengatasi rambut kusut atau kering yang bisa dilakukan adalah keramas sewarjarnya.

Kategori :