Rambut Mudah Kusut? Ini Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasinya

Selasa 20-08-2024,16:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Apakah kamu sering mengalami rambut kusut? Rambut kusut merupakan salah satu masalah yang umum terjadi pada banyak orang, khususnya bagi mereka yang memiliki rambut panjang. 

Apabila kamu juga kerap mengalaminya, sebenarnya ada banyak cara mengatasi rambut kusut yang bisa dilakukan di rumah. Bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak pada ulasan di bawah ini. 

Namun, sebelum melakukan cara agar rambut tidak kusut, kamu perlu mengetahui apa saja penyebabnya terlebih dahulu. Dengan begitu, hasil dari cara mengatasi rambut kusut yang kamu lakukan bisa maksimal dan terasa perubahannya.

Penyebab Rambut Kusut

Rambut kusut umumnya dialami oleh seseorang yang berambut panjang, baik perempuan maupun laki-laki. Ada beberapa penyebab rambut kusut berikut diantaranya. 

BACA JUGA:Cara Membuang Racun yang Membuat Penyakit, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

1. Rambut yang Kering 

Rambut yang kering dan kurang lembap cenderung lebih mudah kusut karena kutikula rambut (lapisan terluar rambut) menjadi kasar dan terbuka. Ini menyebabkan helai rambut saling menempel dan membentuk simpul yang menyebabkan rambut jadi mudah kusut.

2. Penggunaan Alat Styling Panas

Kutikula rambut yang rusak, akibat penggunaan alat styling panas, pewarnaan rambut, atau bahan kimia keras, dapat membuat rambut lebih rentan terhadap kekusutan. 

Kutikula yang rusak tidak dapat melindungi helaian rambut dengan baik, sehingga rambut lebih mudah terbelit satu sama lain.

3. Jenis Rambut

Salah satu yang menjadi penyebab rambut mudah sekali kusut adalah jenis rambut. Jenis rambut tertentu, seperti rambut keriting atau bergelombang, lebih rentan terhadap kusut dibandingkan dengan rambut lurus. 

BACA JUGA:Bantu Jaga Kesehatan, Inilah 8 Manfaat Kuning Telur yang Sayang Untuk Kesehatan

BACA JUGA:Jaga Daya Tahan Tubuh, Ini Dia 8 Manfaat Wedang Jahe untuk Kesehatan

Kategori :