Sebelum Memelihara Hewan, Ustaz Syafiq Riza Basalamah Jelaskan Ada Beberapa Hal yang Wajib Diperhatikan

Sabtu 17-08-2024,06:00 WIB
Reporter : Ari Apriko
Editor : Ari Apriko

BENGKULUEKSPRESS.COM- Hewan merupakan salah satu makhluk hidup yang diciptakan oleh Allah SWT dan hidup berdampingan dengan manusia.

Setiap hewan memiliki habitat yang sesuai dengan kemampuan bertahannya, baik di air, di darat, maupun di kedua lingkungan tersebut.

Ada hewan yang dianjurkan untuk dipelihara, ada yang boleh dipelihara atau tidak, dan ada juga hewan yang harus dibunuh daripada dipelihara.

BACA JUGA:Agar Terhindar dari Bencana, Ustaz Syafiq Riza Basalamah Anjurkan Ini dari Harta Kita

BACA JUGA:Perilaku Ayah yang Dibenci Anak, Ustaz Syafiq Riza Basalamah Tekankan Ini

Contoh hewan yang harus dibunuh adalah ular dan kalajengking, karena keberadaannya dapat membahayakan manusia di sekitarnya dan bisa menyebabkan kematian bagi pemelihara yang belum berpengalaman.

Begitu juga dengan anjing, tidak boleh dipelihara di rumah jika hanya untuk kepuasan semata. Hal ini bisa menyebabkan berkurangnya pahala, sebagaimana yang disampaikan oleh Rasulullah:

"Barangsiapa memelihara anjing, maka amalan sholehnya akan berkurang setiap harinya sebesar satu qiroth (satu qiroth adalah sebesar gunung uhud), selain anjing untuk menjaga tanaman atau hewan ternak," (HR Abu Harairah).

Namun, anjing boleh dipelihara jika digunakan sebagai pelindung dan penjaga aktivitas manusia, tetapi sebaiknya tidak ditempatkan di dalam rumah.

Selain anjing, hewan yang diperbolehkan dan bersahabat dengan manusia adalah kucing. Kucing boleh dipelihara selama tidak diperjualbelikan, karena hukumnya makruh.

Allah SWT memperbolehkan memelihara hewan, namun harus dijaga dengan baik dan tidak dibiarkan terbengkalai. Beberapa hewan juga dianjurkan untuk dipelihara dibandingkan yang lainnya.

Dalam suatu ceramah, Ustaz Syafiq Riza Basalamah pernah menjelaskan tentang hewan yang dianjurkan Rasulullah SAW untuk dipelihara.

BACA JUGA:Ingin Orang Tua Tenang di Alam Kubur, Ustaz Syafiq Riza Basalamah Sarankan Anak Amalkan Ini

BACA JUGA:Agar Terbebas dari Siksa Api Neraka, Ustaz Syafiq Riza Basalamah Bagikan Amalannya

Dalam ceramah yang videonya diunggah oleh kanal Youtube Syafiq Riza Basalamah Official, Ustaz Syafiq Riza Basalamah menjelaskan bahwa hewan yang dianjurkan Rasulullah untuk dipelihara adalah kambing.

Kategori :