Ini Dia 7 Cara Sederhana Atasi Gejala Masuk Angin

Minggu 18-08-2024,14:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Masuk angin merupakan gangguan kesehatan yang dapat membuat tubuh sulit untuk melakukan berbagai aktivitas. 

Gejala masuk angin secara garis besar hampir sama dengan flu biasa. Saat terinfeksi oleh batuk, pilek atau flu, saluran udara kita memicu sel-sel sistem kekebalan untuk membantu melawan peradangan yang disebabkan oleh gejala tersebut. 

Jika kamu terkena masuk angin, kamu bisa sakit selama satu hingga dua minggu. Hal ini tentu dapat mengganggu segala aktivitas yang biasa kamu lakukan sehari-hari. Lantas, bagaimana cara mengatasi masuk angin? Beberapa cara berikut mungkin membantu kamu mengatasi masuk angin.

1. Istirahat

Saat tubuh mengalami gejala masuk angin, itu tandanya kamu perlu mengistirahatkan tubuhmu sejenak. Ini karena tubuhmu butuh istirahat untuk sembuh dari gejala ringan seperti masuk angin. 

BACA JUGA:Cara Ampuh Mengatasi Masalah Lambung, dr Zaidul Akbar Sarankan Memanfaatkan Bahan Ini

Beristirahat ketika kamu pertama kali terserang masuk angin dapat membantu tubuh kamu mengembalikan sistem imun tubuh yang kuat.

Dengan begitu kamu bisa berikan mempercepat proses pemulihan dengan menggunakan selimut yang akan membuat tubuh semakin hangat.

2. Tetap Terhidrasi 

Selain istirahat yang cukup, salah satu kunci untuk mengatasi gejala masuk angin adalah dengan tetap mengonsumsi air yang cukup. 

Tak hanya air putih kamu bisa mengonsumsi  teh hangat, jus, sayur sop atau air lemon hangat dengan madu agar dapat membantu melonggarkan hidung tersumbat dan mencegah dehidrasi. 

BACA JUGA:Sering Diolah Jadi Sajian Lezat, Berikut Tinta Cumi-cumi Untuk Kesehatan

Selain itu, saat masuk anging kamu sebaiknya perlu menghindari minuman seperti alkohol, kopi, dan soda berkafein, yang dapat menyebabkan dehidrasi.

3.  Redakan Sakit Tenggorokan

Saat masuk angin salah satu yang perlu kamu atasi pertama adalah meredakan sakitt tenggorokan. Caranya adalah dengan kumur-kumur dengan air asin, dengan ¼ hingga ½ sendok teh garam yang dilarutkan dalam segelas air hangat.

Kategori :