9 Manfaat Sarang Burung Walet yang Perlu Diketahui

Kamis 15-08-2024,16:52 WIB
Reporter : Jamal Maarif
Editor : Jamal Maarif

BENGKULUEKSPRESS.COM - Manfaat sarang burung walet mampu mengatasi berbagai penyakit kronis. Sarang burung walet bahkan telah dianggap sebagai superfood yang memiliki nilai gizi tinggi sekaligus dijadikan sebagai obat alternatif. Makanan ini sebenarnya berasal dari air liur burung walet yang mengeras.

Sarang burung walet bisa ditemukan di langit-langit gua atau gedung. Umumnya, burung walet hanya membuat sarangnya sebanyak 3 kali dalam 1 tahun. Sarang burung walet yang bisa dikonsumsi sebagai obat pun diambil dari spesies tertentu saja. Inilah alasannya kenapa sarang burung walet terbilang mahal dan cukup langka.

BACA JUGA:Bisa Dicoba! Ini Jenis Vitamin Penambah Berat Badan Anak

Tekstur sarang burung walet yang telah diolah dan siap disantap terasa kenyal seperti jeli. Manfaat sarang burung walet untuk kesehatan tubuh tidak diragukan lagi. Makanan ini didominasi oleh kandungan protein yang mencapai hingga 60%. Sisanya adalah karbohidrat dan lemak.

Sarang burung walet juga kaya akan kandungan antioksidan, asam amino, zat besi, kalsium, magnesium, zinc, mangan, natrium, fosfor, dan kalium. Kandungan nutrisi ini bervariasi, tergantung pada jenis dan tempat walet berkembang biak.

Sarang Burung Walet untuk Kesehatan
Manfaat sarang burung walet untuk mengatasi beberapa penyakit kronis telah didukung oleh banyak riset yang dilakukan oleh para ilmuwan di berbagai negara. Berikut ini adalah beberapa manfaat sarang burung walet yang bisa diperoleh:

1. Melawan virus penyebab flu
Sarang burung walet mengandung senyawa bioaktif yang memiliki sifat antivirus. Menurut berbagai penelitian, konsumsi sarang burung walet mampu menguatkan imunitas tubuh dan membantu tubuh dalam melawan berbagai jenis virus penyebab flu.

BACA JUGA:Pemkot Bengkulu Urusi Hak Keluarga Miskin di Kota Bengkulu, Kadinsos: Pemerintah Tak Boleh Diskriminatif

2. Mencegah tanda-tanda penuaan kulit
Manfaat sarang burung walet untuk kesehatan kulit telah dikenal sejak lama. Kandungan nutrisi pada burung walet dapat melembapkan, mencerahkan, dan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan kulit, seperti kerutan atau garis-garis halus di wajah.

Meski belum diteliti secara luas dan mendalam, sarang burung walet dapat memperkuat kolagen wajah dan memperbaiki tampilan kulit yang kendur karena penuaan. Manfaat ini diduga karena sarang burung walet memiliki tekstur dan struktur yang mirip dengan kolagen.

3. Mengobati diabetes
Penelitian menunjukkan bahwa sarang burung walet dapat memperbaiki kadar insulin pada hewan yang diberikan diet tinggi lemak dan gula. Manfaat sarang burung walet ini karena senyawa antidiabetik di dalamnya yang dapat mencegah terjadinya resistensi insulin, yaitu kondisi ketika tubuh tidak mampu menggunakan gula darah dengan baik. Meski demikian, penelitian untuk memastikan manfaat sarang burung walet terhadap penyakit diabetes pada manusia masih belum dilakukan dan fakta tersebut masih memerlukan pembuktian lebih lanjut.

BACA JUGA:Ini Penyebab Berat Badan Turun Drastis dan Cara Mengatasinya

4. Mencegah obesitas
Sebuah penelitian mengungkap bahwa sarang burung walet merupakan bahan makanan yang memiliki zat antioksidan, antiobesitas, dan antiradang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa salah satu manfaat sarang burung walet adalah mencegah terjadinya obesitas yang berkaitan dengan peradangan dan stres oksidatif di dalam tubuh. Hal ini membuka peluang untuk menjadikan sarang burung walet sebagai suplemen pencegah obesitas.

5. Menurunkan risiko terkena penyakit jantung
Manfaat sarang burung walet juga dapat mencegah pengentalan darah akibat kolesterol tinggi. Hal ini bermanfaat bagi jantung agar bisa memompa darah secara normal. Oleh karena itu, sarang burung walet sejak lama dijadikan sebagai obat alternatif untuk mencegah serangan jantung atau penyakit jantung.

6. Mencegah anemia
Sarang burung walet merupakan salah satu makanan yang kaya akan zat besi. Dalam 100 gram sarang burung walet mampu memenuhi hampir ½ dari kebutuhan zat besi harian. Nah, mencukupi asupan zat besi sangatlah penting bagi tubuh. Pasalnya, kekurangan nutrisi ini bisa menyebabkan anemia defisiensi zat besi.

BACA JUGA:Tips Perawatan Continuously Variable Transmission atau CVT Motor Matic Secara Berkala

7. Menjaga fungsi otak
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sarang burung walet dapat meningkatkan kinerja otak dan kemampuan berpikir dengan cara mengurangi peradangan dan stres oksidatif di otak. Stres oksidatif terjadi ketika radikal bebas merusak sel-sel yang sehat di dalam tubuh. Konsumsi sarang burung walet sebagai obat alternatif diketahui dapat mencegah berbagai penyakit yang terkait dengan gangguan kognitif, seperti penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, dan stroke.

8. Memperbaiki pengeroposan tulang
Sarang burung walet bisa dikonsumsi untuk memperbaiki pengeroposan tulang, terutama pada wanita setelah menopause. Makanan ini juga dapat menguatkan tulang dan mencegah tulang mudah patah pada lansia. Manfaat sarang burung walet ini diduga diperoleh dari kandungan protein dan bahan penyusun protein yang tinggi, seperti peptida. Nutrisi ini berperan penting dalam meningkatkan kepadatan mineral pada tulang dan mencegah osteoporosis.

9. Mengobati osteoarthritis
Osteoarthritis adalah peradangan kronis di sendi karena tulang rawan yang lemah atau rusak sehingga menyebabkan sendi terasa kaku, sakit, dan bengkak. Sebuah penelitian menemukan potensi manfaat sarang burung walet untuk dijadikan pengobatan penyakit osteoarthritis. Hal tersebut didasarkan pada adanya komponen pada sarang burung walet yang bisa mengurangi keparahan osteoarthritis dan mendorong pertumbuhan tulang rawan.

BACA JUGA:Ayo Ikuti AHMBS 2024, Menangkan Sepeda Motor All New Honda Beat dan Beasiswa Pendidikan Puluhan Juta

Manfaat sarang burung walet memang baik bagi kesehatan. Namun, sebagian besar penelitian tersebut masih terbatas pada hewan dan perlu penelitian yang lebih mendalam pada manusia. Jadi, sebaiknya konsumsilah sarang burung walet secukupnya, jangan berlebihan, terutama bagi anak-anak. Hal ini karena sarang burung walet mengandung protein dengan sifat yang menyerupai protein penyebab alergi pada telur. Selain itu, sarang burung walet juga dikhawatirkan mengandung bakteri yang menyebabkan keracunan makanan, seperti E. coli, Salmonella, dan S. Aureus. Makanan ini juga bisa menjadi faktor risiko penyebaran flu burung.

Kesimpulannya, manfaat sarang burung walet sebagai obat alternatif sejauh ini masih belum didukung oleh bukti ilmiah yang akurat. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan ke dokter jika Anda ingin mengonsumsi sarang burung walet sebagai suplemen alami pendamping pengobatan suatu penyakit.(bee)

Kategori :