Tidak Perlu Diragukan Lagi, Inilah 10 Manfaat Omega-3 untuk Kesehatan

Kamis 15-08-2024,16:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Asupan omega-3 yang tercukupi juga diketahui dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti stroke, tekanan darah tinggi, dan serangan jantung.

3. Membantu Mencegah Kanker

Kanker adalah salah satu penyakit kronis yang membutuhkan proses penyembuhan yang panjang dan asam lemak omega 3 telah lama diklaim dapat mengurangi risiko penyakit kanker tertentu.

BACA JUGA:Sering Overthingking? Simak 5 Cara Menghilangkannya Agar Tidak Berdampak pada Kesehatan Mental

BACA JUGA:Cara Mudah Mengatasi Batuk Pada Anak, dr Zaidul Akbar Sarankan Rebus 2 Bahan Ini

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi omega-3 berisiko 55% lebih rendah terkena kanker usus besar daripada yang tidak.

Konsumsi omega-3 juga dikaitkan dengan penurunan risiko kanker prostat pada pria dan kanker payudara pada wanita. Namun tidak semua penelitian sepakat mengenai hal ini.

4. Menjaga kesehatan mata

Manfaat omega 3 lainnya adalah untuk meningkatkan kesehatan mata. Karena DHA adalah komponen struktural yang utama dalam otak dan retina mata. 

Kurangnya asupan DHA dapat menyebabkan berbagai gangguan mata dan penyakit mata akibat penuaan, seperti degenerasi makula. Oleh karena itu, Anda perlu rutin mencukupi asupan omega-3 untuk memelihara fungsi dan kesehatan mata.

BACA JUGA:Baik untuk Kesehatan, Inilah 5 Manfaat Kacang Kapri yang Sayang Untuk Dilewatkan

BACA JUGA:Ini Dia 5 Bahan Alami Obati Bisul agar Cepat Kempes dan Mengering

5. Melawan Penyakit Autoimun

Pada penyakit autoimun, sistem imun tubuh akan menyerang sel baik karena dianggap sebagai sel asing, salah satu contohnya Diabetes tipe 1. Pada penyakit ini, sistem kekebalan tubuh menyerang sel penghasil insulin di pankreas.

Studi menunjukkan bahwa dengan menambah asupan omega 3 yang cukup selama setahun pertama kehidupan pada bayi dapat menurunkan risiko mengidap penyakit autoimun, termasuk diabetes tipe 1, diabetes autoimun pada orang dewasa, dan multiple sclerosis. 

Omega-3 juga telah terbukti membantu mengobati lupus, rheumatoid arthritis, kolitis ulserativa, penyakit Crohn dan psoriasis.

Kategori :