Tidak Perlu Diragukan Lagi, Inilah 10 Manfaat Omega-3 untuk Kesehatan

Kamis 15-08-2024,16:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Berbeda dengan minyak lainnya Omega-3 adalah sejenis minyak sehat atau lemak tak jenuh ganda yang banyak terdapat pada ikan, seperti ikan tuna, salmon, tongkol, dan sarden. 

Tidak hanya pada ikan atau minyak ikan, omega-3 juga terdapat pada telur, minyak kanola, kacang kedelai, dan biji-bijian.

Manfaat omega-3 untuk kesehatan tubuh sangatlah beragam, terutama bagi kesehatan jantung dan otak. Meski begitu, konsumsi asam lemak ini harus sesuai takaran agar manfaat yang diperoleh bisa maksimal.

Ada tiga jenis omega-3 yang baik untuk kesehatan, yaitu asam alfa-linoleat (ALA), asam eicosapentaenoic (EPA), dan asam docosahexaenoic (DHA). EPA dan DHA dapat ditemukan pada makanan laut, sedangkan ALA pada tumbuhan.

BACA JUGA:Sering Dikonsumsi Anak-anak, Inilah 9 Manfaat Buah Kersen Untuk Kesehatan

EPA dan DHA adalah jenis asam lemak omega-3 yang dapat diserap dengan mudah di dalam tubuh. Meski begitu, manfaat omega-3 dengan jenis apa pun tetap banyak, khususnya untuk menjaga kesehatan dan fungsi organ tubuh.

Omega-3 dikenal sebagai salah satu nutrisi penting yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit. Berikut ini adalah berbagai manfaat omega-3. 

1. Meningkatkan Kesehatan Otak Bayi

Manfaat omega 3 juga dapat dirasakan oleh bayi bahkan sejak dalam kandungan. Omega 3 sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak pada bayi. 

DHA menyumbang 40% asam lemak tak jenuh ganda di otak dan 60% di retina mata. Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa bayi yang diberi susu formula dengan kandungan DHA memiliki penglihatan yang lebih baik daripada bayi yang diberi susu formula tanpa DHA.

BACA JUGA:Tidak Boleh Disepelakan? Ini 5 Gejala Penyakit Asam Lambung yang Harus Segera Diobati

BACA JUGA:Sering Overthingking? Simak 5 Cara Menghilangkannya Agar Tidak Berdampak pada Kesehatan Mental

2. Mencegah penyakit jantung

Omega-3 bermanfaat untuk menurunkan kadar trigliserida dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh. Efek ini membuat omega-3 baik untuk mencegah terjadinya penyumbatan di pembuluh darah akibat penumpukan kolesterol.

Dengan mengonsumsi omega-3 secara rutin, aliran darah di dalam tubuh akan tetap lancar dan efek ini sangat baik untuk kesehatan jantung.

Kategori :