Nutrisi Ikan Lemuru dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Senin 12-08-2024,21:09 WIB
Reporter : Jamal Maarif
Editor : Jamal Maarif

BENGKULUEKSPRESS.COM - Ikan lemuru merupakan jenis ikan laut yang dapat dikenali dengan ciri fisik tubuh yang langsing dan memanjang serta perut yang agak membulat. Tidak hanya nikmat, ikan yang kaya akan omega-3 ini dapat memberikan beragam manfaat kesehatan.

Ikan lemuru (Sardinella lemuru) merupakan jenis ikan yang cukup banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia karena harganya yang sangat terjangkau dan dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan. Ikan lemuru termasuk dalam kelompok ikan pelagis kecil yang banyak ditemukan di perairan laut Indonesia, terutama di Selat Bali. Ikan yang juga dikenal dengan nama ikan kucing ini memiliki punggung berwarna biru kehijauan dan perut berwarna keperakan.

BACA JUGA:Ternyata Cabe Punya Manfaat untuk Saluran Pencernaan yang Jarang Diketahui

Kandungan Nutrisi Ikan Lemuru
Ikan lemuru dikenal sangat baik untuk kesehatan. Bagaimana tidak, di dalam 100 gram ikan lemuru saja terdapat 112 kalori dan beberapa nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti:

20 gram protein
20 miligram kalsium
100 miligram fosfor
1 miligram zat besi
30 mikrogram vitamin A
Tidak hanya itu, ikan lemuru juga mengandung vitamin B1, vitamin E, vitamin K, serta asam lemak omega-3 dan omega-6.

BACA JUGA:Buah Ara Ternyata Punya Berbagai Manfaat yang Tidak Bisa Dianggap Remeh

Beragam Manfaat Ikan Lemuru untuk Kesehatan
Berkat segudang nutrisi di dalamnya, ada sejumlah manfaat kesehatan yang bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi ikan lemuru. Berikut ini adalah beberapa manfaat ikan lemuru yang sayang dilewatkan:

1. Mempercepat proses penyembuhan luka
Mengonsumsi ikan lemuru diketahui dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Manfaat ini didapatkan berkat sifat antioksidan vitamin E di dalamnya yang mampu meningkatkan produksi kolagen, sehingga mempercepat pembentukan jaringan kulit baru.

2. Membangun massa otot
Berkat kandungan protein di dalamnya yang cukup tinggi, mengonsumsi ikan lemuru diketahui dapat membangun massa otot. Hal ini karena saat mengonsumsi lemuru, tubuh akan mengolah kandungan protein di dalamnya menjadi asam amino, yang kemudian digunakan tubuh untuk membentuk jaringan otot.

BACA JUGA:Menilik Kandungan Nutrisi dan Manfaat Jeruk Kasturi

Namun, perlu diingat bahwa mengonsumsi ikan lemuru saja tidak cukup untuk membangun massa otot. Oleh karena itu, agar massa otot dapat terbentuk dengan maksimal, Anda juga perlu mengimbanginya dengan olahraga, khususnya latihan beban.

3. Menjaga kesehatan mata
Kandungan vitamin A pada ikan lemuru bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Manfaat ikan lemuru ini diperoleh karena vitamin A merupakan komponen penting yang dibutuhkan untuk memelihara fungsi retina mata. Tak hanya itu, vitamin A dalam ikan lemuru juga dapat menjaga kornea mata tetap jernih dan membuatnya tetap lembap, sehingga mencegahnya mengalami kerusakan dan menyebabkan penyakit mata.

4. Mencegah osteoporosis
Mengonsumsi ikan lemuru secara rutin diketahui dapat mencegah terjadinya osteoporosis. Manfaat ikan lemuru yang satu ini didapatkan dari kandungan vitamin K, kalsium, fosfor, dan protein di dalamnya. Keempat nutrisi tersebut diketahui dapat menjaga kepadatan serta kekuatan tulang, sehingga dapat mengurangi risiko terkena osteoporosis.

BACA JUGA:Saling Ejek, Seorang Pelajar di Kota Bengkulu Menjadi Korban Pengeroyokan

5. Mengurangi risiko terkena penyakit jantung
Asam lemak omega-3 dan omega-6, serta vitamin B1 dalam ikan lemuru dipercaya dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Hal ini karena kedua jenis asam lemak tersebut mampu mengurangi kadar trigliserida dan kolesterol jahat (LDL) yang merupakan dua faktor risiko utama terjadinya penyakit jantung.

Tak hanya itu, kandungan asam lemak omega-3 dan vitamin K dalam ikan lemuru juga dapat mencegah terbentuknya gumpalan darah dan penumpukan kalsium yang dapat menyumbat pembuluh darah. Dengan begitu, risiko terkena penyakit jantung pun bisa berkurang.

6. Mencegah persalinan prematur
Ikan lemuru juga dipercaya dapat mengurangi risiko terjadinya kelahiran prematur. Manfaat ini didapatkan berkat efek antiradang dalam kandungan asam lemak omega-3 di dalamnya yang dapat mencegah kontraksi sebelum waktu persalinan tiba. Tidak hanya itu, asam lemak tersebut juga dapat mengurangi risiko terjadinya masalah kehamilan lain seperti preeklamsia.

BACA JUGA:Mengenal Diet Ketogenik dan Manfaatnya untuk Tubuh

7. Memaksimalkan tumbuh kembang anak
Berkat kandungan nutrisinya yang melimpah, menambahkan ikan lemuru dalam menu MPASI juga dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Soalnya, ikan lemuru mengandung kalsium dan fosfor yang dapat mendukung pertumbuhan tulang dan gigi anak.

Selain karena kandungan ketiga nutrisi tersebut, kandungan asam lemak omega-3 dan zat besi dalam ikan lemuru juga mampu meningkatkan perkembangan otak, saraf, dan mata anak. Manfaat ikan lemuru memang beragam, tetapi Anda tetap harus memperhatikan cara memilih dan mengolahnya. Pastikan Anda memilih ikan lemuru yang kondisinya masih segar dan tidak berbau busuk.

BACA JUGA:Bisa Dicoba! 10 Camilan Rendah Kalori Ini Cocok untuk Diet

Ikan lemuru juga sebaiknya diolah dengan cara yang sehat dan tidak menggunakan banyak minyak, seperti dikukus, dipanggang, atau dibuat menjadi sup. Selain itu, untuk mencukupi asupan nutrisi sehari-hari, Anda juga perlu mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan bergizi lain, seperti sayur dan buah.(bee)

Kategori :