Kaya Akan Nutrisi, Simak 6 Manfaat Buah Aprikot untuk Kesehatan

Selasa 13-08-2024,17:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Buah aprikot, yang dikenal dengan warna oranye cerahnya dan rasa manis yang khas, adalah buah yang kaya akan nutrisi dan manfaat kesehatan. 

Dalam tradisi kesehatan alami dan modern, aprikot telah digunakan sebagai sumber gizi yang penting. Buah ini tidak hanya enak dimakan segar, tetapi juga dapat dikonsumsi dalam bentuk kering, selai, atau jus.

Aprikot mengandung berbagai vitamin dan mineral penting, seperti vitamin A, vitamin C, serat, dan kalium. Vitamin A dalam aprikot, misalnya, sangat bermanfaat untuk kesehatan mata dan kulit. 

Selain itu, aprikot juga kaya akan antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Ada beberapa manfaat lain aprikot untuk kesehatan, berikut diantaranya: 

BACA JUGA:Ramuan untuk Membersihkan Liver, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

BACA JUGA:Mengandung Nutrisi Penting yang Dibutuhkan Tubuh, Ini 6 Manfaat Rebung untuk Kesehatan

1. Mencegah dehidrasi

Buah aprikot memiliki manfaat untuk mencegah dehidrasi, ini dikarenakan buah aprikot yang mengandung banyak air baik dikonsumsi.

Meski begitu, walaupun buah aprikot mengandung banyak air, asupan cairan tubuh tetap perlu dipenuhi dengan minum air putih yang cukup, yaitu minimal 8 gelas sehari.

2. Menjaga kesehatan mata

Buah aprikot mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.  Kandungan vitamin A yang terdapat dalam buah aprikot tergolong tinggi, yaitu sekitar 95 mikrogram per 100 gram buah aprikot. 

Jumlah ini sudah memenuhi hampir 20% kebutuhan vitamin A harian. Selain vitamin A, nutrisi lain yang terkandung dalam buah aprikot dan bermanfaat menjaga kesehatan mata adalah vitamin E. 

BACA JUGA:Ragu dengan Obat-obat Apotek? Berikut Bahan Alami Panu yang Ampuh Obati Panu

BACA JUGA:Cara Mudah Mengatasi Batuk Pada Anak, dr Zaidul Akbar Sarankan Rebus 2 Bahan Ini

Pada mata, vitamin E bertugas sebagai antioksidan yang melindungi mata dari paparan radikal bebas yang dapat menimbulkan berbagai gangguan penglihatan.

Kategori :