Sering Dikonsumsi Anak-anak, Inilah 9 Manfaat Buah Kersen Untuk Kesehatan

Selasa 13-08-2024,13:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Apakah kamu pernah mendengar yang namanya buah kersen. Buah kersen atau sering dikenal dengan buah seres yang sering kali dikonsumsi anak anak, buah ini ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan . 

Berkat antioksidan, protein, dan seratnya yang tinggi, manfaat buah kersen bagi kesehatan lebih besar dari ukuran buahnya. Bahkan, kadar protein dalam buah kersen diketahui lebih tinggi dibandingkan pisang kepok.

Kersen atau Muntingia calabura merupakan tumbuhan yang hidup di daerah tropis, termasuk Indonesia, dengan ketinggian pohon mencapai 8–20 meter. 

Saat matang, buah kersen memiliki cita rasa manis dan berair, serta dipenuhi oleh biji berwarna kuning yang dapat dimakan. Selain dimakan langsung, buah kersen juga bisa diolah menjadi selai.

BACA JUGA:Ramuan untuk Membersihkan Liver, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

BACA JUGA:Ragu dengan Obat-obat Apotek? Berikut Bahan Alami Panu yang Ampuh Obati Panu

Meskipun bentuknya kecil, nutrisi buah kersen sangat beragam. Dari kandungan nutrisinya yang melimpah inilah, berbagai manfaat buah kersen untuk kesehatan tubuh berasal.

Buah kersen kaya akan vitamin C, antioksidan, serat, dan protein. Selain itu, buah berwarna merah ini juga diyakini memiliki sifat antiradang yang berperan dalam mencegah peradangan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi buah kersen:

1. Mengontrol kadar gula darah 

Bah kersen adalah pilihan tepat bagi Anda yang ingin memasukkannya ke dalam menu makanan harian yang dapat membantu mengatur kadar gula darah. 

BACA JUGA:Mudah Dijumpai, Inilah 7 Manfaat Genjer untuk Kesehatan

BACA JUGA:Tidak Boleh Disepelakan? Ini 5 Gejala Penyakit Asam Lambung yang Harus Segera Diobati

Mengapa? Buah kersen ternyata memiliki manfaat untuk membantu mengontrol kadar gula darah, sehingga dapat mencegah penyakit diabetes. 

Kandungan pada buah kersen, seperti vitamin C, serat, beta karoten, dan vitamin B kompleks ternyata memiliki manfaat dalam mengatur kadar gula darah dalam tubuh. 

Kategori :