Penting Untuk Jaga Kesehatan Anak, Inilah 8 Manfaat Buah Naga untuk Si Kecil

Selasa 13-08-2024,11:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Siapa yang tidak tahu buah naga? Buah yang memiliki bentuk yang unik dan rasa yang manis ini banyak digemari orang-orang Asia termasuk Indonesia.

Buah naga terbagi dalam beberapa jenis, ada yang daging buahnya berwarna putih, ungu, kuning, atau merah. Namun, jenis yang paling mudah dijumpai adalah buah naga dengan warna daging merah atau putih.

Selain memiliki bentuk yang unik dan rasa yang nikmat, buah naga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan terlebih untuk anak-anak.

Buah ini mengandung sejumlah nutrisi yang baik untuk daya tahan tubuh anak, seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Selain itu, kandungan serat pada buah ini juga mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan mencegah sembelit.

BACA JUGA:Ramuan untuk Membersihkan Liver, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

Oleh karena itu, buah naga sangat disarankan untuk dikonsumsi  Si Kecil sejak usianya 6 bulan, tepatnya saat ia mulai mendapatkan makanan pendamping ASI (MPASI). 

Walau buah naga memiliki banyak biji, Bunda tidak perlu khawatir memberikan buah ini kepada anak-anak. Biji buah naga boleh dimakan dan tidak menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan anak.

Malahan, biji buah ini mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 yang sangat baik untuk tubuh dan perkembangan otak anak. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah naga yang dapat diperoleh anak bila rutin mengonsumsi buah ini:

1. Melancarkan pencernaan

Buah naga memiliki manfaat untuk melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, serat yang terkandung di dalam buah naga dapat melancarkan pencernaan anak dan mencegah terjadinya sembelit. 

BACA JUGA:Rutin Jadi Pendonor? Ini Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

Tak hanya melancarkan pencernaan dan dapat mengatasi sembelit, mengonsumsi buah naga juga dipercaya mampu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di dalam usus, sehingga kesehatan usus Si Kecil bisa terjaga dengan baik.

2. Menjaga kesehatan mata anak

Buah naga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mata anak. Buah  Hal ini karena dalam buah naga yang dimakan utuh, memiliki banyak kandungan Vitamin A.

Seperti yang kita tahu, Vitamin A sangat baik untuk menjaga kesehatan mata anak, dan dapat membantunya dalam melawan segala jenis infeksi. 

Tags :
Kategori :

Terkait