Kulit Gatal dan Merandang Karena Eksim? Ini Pantangan yang Harus Dihindari

Minggu 11-08-2024,11:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Para penderita eksim dilarang untuk menggaruk area kulit yang bermasalah. Ini karena kulit yang terus digaruk lama-kelamaan akan menjadi pecah, tampak menebal, dan bahkan berdarah.

Kondisi ini tidak hanya memperparah gejala dan menyebabkan stres pada penderita, tapi juga dapat mengakibatkan infeksi pada eksim.

Guna mencegah hal tersebut, coba alihkan keinginan menggaruk dengan mencubit lembut kulit di sekeliling area munculnya eksim.

BACA JUGA:12 Manfaat Peach Gum, Getah Pohon Persik yang Menyehatkan

BACA JUGA:Bisa Jadi Indikasi Gangguan Kesehatan, Ini Penyebab Kuku yang Mudah Lepas

Jangan mencubit langsung kulit yang terkena eksim karena dapat menimbulkan nyeri. Anda juga bisa mengompres kulit dengan waslap yang dibasahi air dingin untuk meredakan gatal.

3.Hindari pakaian dari wol atau bahan sintetis

Selanjutnya, pantangan yang sebaiknya dihindari penderita eksim adalah pakaian yang berbahan wol atau sinteris.

Banyak penderita eksim mengalami kekambuhan ketika mengenakan pakaian dari wol atau bahan sintetis seperti nilon dan poliester.

Hal ini karena bahan-bahan tersebut membuat kulit cepat panas, berkeringat, dan rentan mengalami iritasi. Serat benang kasar seperti yang ditemukan pada wol juga kurang cocok bagi orang-orang dengan kulit yang sensitif.

BACA JUGA:12 Manfaat Peach Gum, Getah Pohon Persik yang Menyehatkan

BACA JUGA:Sering Kelelahan dan Nyeri Sendi, Ketahui 6 Gejala Penyakit Autoimun yang Umum Terjadi

Oleh karena itu, bahan pakaian tersebut menjadi pantangan bagi penderita eksim. Sebaiknya gunakan bahan katun dan rayon.

4. Mandi terlalu lama

Mandi sebenarnya salah satu cara mudah untuk melembapkan kulit. Namun, mandi terlalu lama, lebih dari 15 menit, justru bisa membuat kulit kering.

Hal ini karena mandi terlalu lama dapat mengikis sebum, yakni minyak alami kulit. Akibatnya, kulit kehilangan minyak alaminya.

Kategori :