Akun Sosmed Pejabat Pemkot Bengkulu Kena Hack, Pelaku Terlacak dari Luar Bengkulu

Kamis 08-08-2024,16:36 WIB
Reporter : Firman Triadinata
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Media sosial hingga nomor handphone pribadi pejabat di Kota Bengkulu sering kali di hack oleh oknum-oknum tak bertanggungjawab. 

Baru ini, akun Facebook Pj Sekda Kota Bengkulu, Eko Agusrianto dikloning oleh orang lain dengan tujuan melakukan penipuan terhadap orang lain dengan mengatasnamakan Pj Sekda. 

Sejatinya kejadian ini sudah di koordinasikan pihak Pemkot Bengkulu ke tim Cyber Polda Bengkulu untuk dilakukan penelusuran. 

Namun sejauh ini belum ada korban yang ditimbulkan dari aksi kejahatan digital tersebut hingga pihak Pemkot belum mau menanggapi serius kejadian tersebut. 

BACA JUGA:Rayakan 17 Agustus, Lurah dan Ketua RT Diminta Tegur Warga yang Belum Pasang Bendera Merah Putih

BACA JUGA:Dinas PUPR Kota Bengkulu Usulkan Anggaran Rp10 M untuk Bangun RTH di Kawasan Perumahan

"Baru ini akun facebook pak Pj Sekda digandahkan dengan foto yang sama. Kemudian pertemanan-pertemanan yang dimirip-miripkan kemudian dia minta duit. Nah yang itu yang harus diwaspadai untuk kita," jelas Asisten II Pemkot Bengkulu, Sehmi. 

Sehmi menambahkan, dari pelacakan awal bersama tim Cyber Polda Bengkulu, kebanyakan pelaku pembajakan ini dilakukan dari luar Kota Bengkulu. 

"Kita sudah pernah koordinasi ke tim cyber juga. Rata-rata yang kita temukan itu, informasi yang terlacak itu ada yang di daerah Batam, ada dari Riau, ada Medan, itu yang kita dapatkan," tambah Sehmi. 

Sehmi pun mengimbau kepada masyarakat dan ASN khususnya di lingkungan Pemkot Bengkulu untuk lebih waspada menyikapi jika ada pesan mencurigakan yang mengarah untuk meminta uang dengan mengatasnamakan pejabat Pemkot Bengkulu.

BACA JUGA:Pemkot Bengkulu Raih Penghargaan UHC Awards Kategori Utama

BACA JUGA:Dispora Kota Bengkulu Usul Kegiatan Popka di 2025

Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari kerugian yang ditimbulkan oleh pelaku kejahatan melalui nomor dan akun sosmed pribadi yang mengatasnamakan pejabat Pemkot. (iman)

Kategori :