Deretan Sunblock Wajah Terbaik dan Ampuh Menghalau Sinar UV

Rabu 07-08-2024,16:35 WIB
Reporter : Jamal Maarif
Editor : Jamal Maarif

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sunblock wajah merupakan produk perawatan kulit yang perlu digunakan setiap hari, terutama saat beraktivitas di luar ruangan pada siang hari. Selain mengandung bahan yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari, sunblock juga dilengkapi dengan beragam nutrisi yang memberikan manfaat lain bagi kulit wajah.

Orang yang tinggal di negara dengan indeks ultraviolet (UV) tinggi, seperti Indonesia, biasanya lebih rentan mengalami berbagai masalah kulit, seperti kulit kering, kerutan, flek hitam, sunburn, bahkan kanker. Ini merupakan dampak dari kerusakan sel-sel kulit akibat sinar matahari. Oleh karena itu, penting untuk selalu menggunakan sunblock, terutama sunblock wajah, setiap hari sebelum beraktivitas di luar rumah agar terhindar dari efek buruk sinar matahari.

BACA JUGA:Cara Ampuh Menghilangkan Kumis pada Wanita yang Efektif

Rekomendasi Sunblock Wajah yang Mudah Ditemukan
Berbeda dengan sunscreen, sunblock wajah umumnya mengandung zinc oxide atau titanium oxide. Kedua kandungan tersebut bekerja seperti perisai yang menghalangi kulit wajah dari sinar UV dengan cara memantulkannya. Dengan begitu, sinar UV pun tidak akan menembus ke dalam lapisan kulit. Berikut ini adalah berbagai pilihan produk sunblock wajah yang bisa Anda gunakan:

1. Biore UV Aqua Rich SPF 50+ 90 ml
Biore UV Aqua Rich merupakan sunblock wajah yang tahan air (waterproof), sehingga bisa lebih tahan lama di kulit dan cocok digunakan untuk segala aktivitas di air. Tabir surya ini mengandung titanium dioxide dan memiliki SPF 50+/PA++++ yang mampu melindungi kulit wajah dari paparan sinar UVA dan UVB.

Sunblock berbentuk gel ini mengandung water capsule, asam hialuronat, dan ekstrak royal jelly yang dapat melembapkan dan mencegah kulit kering. Selain itu, Biore UV Aqua Rich juga noncomedogenic sehingga tidak menyumbat pori-pori wajah.

BACA JUGA:Inilah Perbedaan Krim BB dan Krim CC yang Perlu Diketahui serta Cara Menggunakannya

2. Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50 40 gr
Skin Aqua UV Moisture Milk memiliki kandungan zinc oxide dan nilai SPF 50+/PA+++ yang dapat melindungi kulit wajah dan badan 50 kali lebih lama dari pancaran sinar UVA dan UVB. Sunblock wajah ini tidak lengket di kulit, sehingga cocok untuk penggunaan sehari-hari maupun sebagai dasar make up. Tidak hanya itu, Skin Aqua UV Moisture Milk juga diperkaya dengan kandungan asam hialuronat dan kolagen yang bisa melembapkan dan melembutkan kulit.

3. Cetaphil UVA/UVB Defense SPF 50 Krim 50 ml
Cetaphil UVA/UVB Defense dibuat dengan teknologi Mexoryl® SX yang membuat sunblock wajah ini mampu memberikan perlindungan UVA/UVB yang lebih baik. Sunblock ini mengandung SPF 50+/UVA 28 dan titanium dioxide serta memiliki tekstur yang ringan dan mudah meresap. Cetaphil UVA/UVB Defense juga dilengkapi dengan kandungan gliserin yang mampu melembutkan, melembapkan, dan menghidrasi kulit sehingga kulit tampak lebih sehat dan halus. Produk ini cocok digunakan untuk tipe kulit sensitif.

BACA JUGA:Pemkot Bengkulu Lakukan Aksi Jemput Bola Sweeping Imunisasi Polio

4. Somethinc Holyshield! Sunscreen Comfort Corrector Serum SPF 50+ 50ml
Somethinc Holyshield! Sunscreen Comfort Corrector Serum merupakan sunblock wajah sekaligus color corrector yang dapat melindungi dan meratakan warna kulit. Sunblock dari brand lokal ini mengandung titanium dioxide dan zinc oxide yang dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap sinar UVA dan UVB tanpa membuat kulit iritasi.

Sunblock dengan SPF 50+ PA++++ ini juga mengandung sejumlah bahan yang mampu melawan radikal bebas, menjaga kulit tetap lembap dan kenyal, menenangkan kulit, dan mencerahkan kulit. Bahan-bahan tersebut mulai dari vitamin A, vitamin E, ekstrak horse chestnut, bisabolol, hingga squalane.

5. L'Oréal Paris UV Defender Matte & Fresh Serum 50 ml
L'Oréal Paris UV Defender Matte & Fresh Serum bisa menjadi pilihan bagi Anda yang mencari sunblock untuk kulit berminyak. Dengan SPF50/PA++++ dan titanium dioxide, sunblock L'Oréal Paris ini diklaim mampu melindungi kulit wajah dari bahaya sinar matahari secara maksimal.

BACA JUGA:Tipu Warga Kerkap Modus Bisnis Batu Bara, 2 Warga Bengkulu Utara Ditangkap Polda Bengkulu

Sunblock wajah ini juga dilengkapi dengan airlicium yang mampu membuat kulit tidak tampak berminyak dan menyamarkan pori-pori wajah. Tak hanya itu, L'Oréal Paris UV Defender Defender Matte & Fresh Serum juga mengandung gliserin dan ekstrak jahe yang dapat melembapkan kulit dan menghambat pertumbuhan bakteri Cutibacterium acnes penyebab jerawat.

6.COSRX Aloe Soothing Sun Cream SPF 50+ PA+++ 50 ml
COSRX Aloe Soothing Sun Cream merupakan sunblock wajah lainnyayang bisa Anda gunakan. Berkat kandungan SPF 50+ PA+++ dan titanium dioxide di dalamnya, tabir surya ini mampu melindungi kulit dari bahaya sinar UVA dan UVB hingga 98%.  Selain itu, COSRX Aloe Soothing Sun Cream juga mengandung ekstrak lidah buaya yang dapat melembapkan, menghidrasi, dan menenangkan kulit, serta mengatasi jerawat dan mengurangi bekasnya.

BACA JUGA:3 Ibadah yang Bisa Dilakukan Wanita yang Tengah Haid, Simak Penjelasan Ustazah Oki Setiana Dewi

Itulah berbagai produk sunblock wajah yang bisa Anda pilih. Agar kulit wajah selalu terlindungi dari paparan matahari langsung, gunakanlah sunblock setiap hari, meskipun cuaca sedang mendung. Selain itu, Anda juga perlu reapply sunblock setiap 2 jam atau lebih sering jika Anda mudah berkeringat atau sedang berenang. Jika Anda ragu dalam memilih produk sunblock wajah, berkonsultasilah dengan dokter. Dengan berkonsultasi, dokter dapat memberikan rekomendasi produk sunblock wajah yang cocok dan sesuai dengan kondisi kulit Anda.(**)

Kategori :