Ini Dia 5 Bahan Alami Obati Bisul agar Cepat Kempes dan Mengering

Kamis 08-08-2024,12:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Fitri Nugroho

BACA JUGA:Timbulkan Risiko Penyakit Mematikan, Ini Dia Bahaya Makan Malam untuk Tubuh

4. Mengoleskan jahe

Senyawa gingerol dan shogaol dalam jahe diketahui memiliki efek antimikroba yang efektif dalam melawan infeksi bakteri penyebab bisul. Senyawa tesebut juga diketahui memiliki efek antiradang yang dapat mengurangi nyeri akibat bisul.

Untuk mendapatkan manfaat jahe sebagai cara mengobati bisul agar cepat kempes, Anda bisa menghaluskan beberapa siung jahe, lalu mengoleskannya pada bisul dan diamkan selama 20 menit.

5. Mengompres bisul dengan air hangat

Mengompres bisul dengan kompres hangat dapat meningkatkan sirkulasi darah sehingga bisa membawa sel darah putih lebih banyak ke area tesebut untuk melawan infeksi.

Selain itu, kompres hangat juga dapat mengurangi rasa sakit dan mendorong pembentukan nanah di permukaan bisul. Dengan begitu, bisul bisa kempes dan sembuh lebih cepat.

BACA JUGA:Ini 5 Pantangan Amandel yang Perlu untuk Diketahui, Salah Satunya Makanan Pedas

Cara mengobati bisul agar cepat kempes yang satu ini dilakukan dengan cara merendam kain atau handuk bersih ke dalam air hangat, lalu menempelkannya ke bisul selama 10–15 menit. Agar hasilnya lebih maksimal, ulangi cara ini sebanyak 3–4 kali sehari.

Itulah beberapa bahan alami yang dapat mengobati bisul agar cepat kempes yang bisa Anda lakukan. Agar pengobatan berhasil dan mencegah infeksi menyebar ke area tubuh lain, Anda dianjurkan untuk menjaga kebersihan bisul dan jangan pernah menggaruk, memencet, maupun memecahkan bisul secara sengaja. Semoga bermanfaat. 

Tags :
Kategori :

Terkait