Ini Dia 5 Bahan Alami Obati Bisul agar Cepat Kempes dan Mengering

Kamis 08-08-2024,12:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Fitri Nugroho

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bisul adalah infeksi kulit yang umum terjadi dan disebabkan oleh bakteri, terutama Staphylococcus aureus. Infeksi ini menyebabkan pembengkakan yang sangat nyeri dan berisi nanah. 

Kondisi ini tentu akan mengganggu kenyamanan Anda dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Bisul dapat muncul di bagian tubuh mana saja, tetapi paling sering terjadi di area yang berbulu atau lembab, seperti ketiak, leher, dan selangkangan. 

Mengobati bisul dengan tepat agar cepat kering untuk mencegah penyebaran infeksi dan komplikasi lebih lanjut. Berikut adalah sejumlah bahan alami yang dapat mengobati bisul agar cepat kempes dan mengering secara efektif. 

1. Mengoleskan bawang

Bawang memiliki manfaat untuk mengempeskan bisul. Bumbu aromatik ini juga bisa dimanfaatkan sebagai cara mengobati bisul agar cepat kempes. Bawang, apa pun jenisnya, memiliki sifat antibakteri yang efektif melawan infeksi bakteri penyebab bisul. Dengan begitu, bisul pun akan lebih cepat sembuh.

BACA JUGA:Cara Mudah Mengatasi Batuk Pada Anak, dr Zaidul Akbar Sarankan Rebus 2 Bahan Ini

Untuk menggunakan bawang sebagai obat bisul, Anda cukup menghaluskan beberapa siung, lalu mengoleskannya pada bisul. Setelah itu, tutup permukaan bisul dengan kain dan diamkan selama 20 menit. Agar hasilnya lebih maksimal, ulangi cara ini sebanyak 2 kali dalam sehari.

2. Mengoleskan minyak esensial

Selanjutnya Anda bisa mengoleskan minyak esensial, seperti tea tree oil dan minyak jarak, pada bisul sebanyak 2–3 kali sehari juga merupakan cara mengobati bisul agar cepat kempes yang tidak kalah efektif. 

Hal ini karena senyawa dalam minyak esensial tersebut memiliki sifat antibakteri yang ampuh melawan infeksi bakteri penyebab bisul. Namun, jangan lupa untuk mengencerkan minyak esensial dengan carrier oil, seperti minyak kelapa atau zaitun, agar tidak menyebabkan kulit terbakar dan teriritasi.

BACA JUGA:Bayi Tidak BAB! Ketahui 5 Cara Mudah untuk Mengatasinya

3. Mengoleskan kunyit

Senyawa kurkumin dalam kunyit memiliki efek antiradang yang dapat mengurangi pembengkakan maupun nyeri pada bisul. Tidak hanya itu, senyawa tersebut juga memiliki sifat antibakteri yang efektif dalam melawan bakteri penyebab bisul.

Untuk mendapatkan manfaat kunyit sebagai cara mengobati bisul agar cepat kempes, Anda bisa mencampur bubuk kunyit dengan air sampai menjadi pasta. Oleskan campuran tersebut pada bisul sebanyak 2 kali sehari.

Selain mengoleskan pasta kunyit, Anda juga bisa mendapatkan efek serupa dengan mengonsumsi 1 sendok teh bubuk kunyit yang dilarutkan dalam segelas air mineral atau susu yang sudah direbus. Minum ramuan alami ini sebanyak 3 kali sehari.

Tags :
Kategori :

Terkait