Tidak Boleh Disepelakan? Ini 5 Gejala Penyakit Asam Lambung yang Harus Segera Diobati

Jumat 09-08-2024,12:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Asam lambung merupakan salah satu gangguan kesehatan pada sistem pencernaan yang tidak bisa disepelekan begitu saja. 

Ini karena penyakit asam lambung yang dibiarkan tanpa penanganan dalam jangka waktu lama, bisa menimbulkan komplikasi. 

Oleh karena itu, penting untuk diketahui beberapa gejala asam lambung serius yang perlu segera ditangani dokter seperti nyeri menusuk pada dada, hingga penurunan berat badan yang tidak terkendali.

Artikel ini akan memberikan informasi mengenai gejala asam lambung yang perlu penanganan dokter agar tidak terjadi komplikasi. Seperti apa penjelasannya? Yuk, simak pada ulasan di bawah ini . 

BACA JUGA:Cara Mudah Mengatasi Batuk Pada Anak, dr Zaidul Akbar Sarankan Rebus 2 Bahan Ini

Hampir semua orang pasti pernah mengalami asam lambung,  penyakit asam lambung atau atau gastroesophageal reflux disease (GERD) merupakan kondisi yang dapat dialami siapa saja. 

Penyakit ini bisa ditandai dengan beberapa gejala salah satunya muncul rasa panas atau terbakar pada bagian dada. Meski tak sampai mengancam keselamatan jiwa, penyakit asam lambung tak bisa diabaikan begitu saja.

Sebab kondisi ini bisa memicu terjadinya komplikasi serius seperti luka terbuka dan tukak di dinding tenggorokan. Untuk menghindari hal tersebut, yuk, ketahui lebih lanjut mengenai apa saja gejala penyakit asam lambung yang perlu segera ditangani dokter agar tidak memicu risiko komplikasi pada penyakit lain, berikut diantaranya.  

1. Nyeri dada

Nyeri dada adalah gejala utama dan umum dirasakan para penderita asam lambung yang sudah parah. Rasa nyeri pada dada yang terjadi secara tiba-tiba dan disertai gejala lain perlu segera mendapat penanganan. 

BACA JUGA:Timbulkan Risiko Penyakit Mematikan, Ini Dia Bahaya Makan Malam untuk Tubuh

Seperti nyeri pada dada yang disertai nyeri rahang, leher, lengan, kaki, sesak napas, denyut nadi tidak teratur, hingga berkeringat. 

Jika kamu mengalami kondisi tersebut, sejumlah obat-obatan untuk mengatasi asam lambung mungkin akan diresepkan oleh dokter. 

3. Merasakan nyeri pada perut

Selain nyeri dada, gejala asam lambung yang perlu penangan dokter segera adalah nyeri pada peruy. Penyakit asam lambung ringan biasanya terjadi di tempat yang sama setiap ada peningkatan gejalanya. 

Kategori :