Jauhkan Baju dari Jamur, Ini 8 Cara Efektif Mencegah Jamur pada Pakaian

Rabu 07-08-2024,12:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Baju yang berjamur bukanlah hal yang rahasia lagi terutama di Indonesia yang memiliki iklim tropis dengan kelembapan yang sangat tinggi. 

Biasanya noda jamur pada pakaian bisa terlihat seperti bintik hitam atau putih yang bisa menyebabkan iritasi pada pemakainya. Kendati demikian, bukan berarti tidak ada cara mencegah jamur pada pakaian yang bisa dilakukan.

Lantas bagaimana cara mencegah jamur pada pakaian tersebut? Yuk, cari tahu caranya dengan menyimak ulasan di bawah ini. 

Berikut informasi mengenai bagaimana cara mencegah jamur pada pakaian yang tepat dan efektif untuk dilakukan. 

BACA JUGA:Kekuatan Khodam Naga Gunung Anak Krakatau

1. Jangan menumpuk pakaian yang sudah dipakai

Saat sudah memakai pakaian, sebaiknya Anda tidak menumpuk pakaian di dalam wadah atau mesin cuci. Tindakan ini akan mempercepat jamur pada baju yang dikarenakan kelembapannya yang cukup tinggi. 

Ini karena baju yang sudah dipakai lebih lembab karena keringat yang diakibatkan aktivitas sehari-hari. Selain itu, mesin cuci yang lembab di dalam kamar mandi juga memicu tumbuhnya jamur pada baju. 

2. Cuci pakaian yang baru dibeli

Selain mencuci baju yang sudah dipakai, mencuci baju yang baru dibeli juga dapat mencegah tumbuhnya jamur pada baju. Tentu sebagai konsumen tidak akan pernah tahu kapan, siapa, dan bagaimana kondisi kulit seseorang yang sebelumnya pernah mencoba pakaian yang Anda beli. 

Maka dari itu, segra cuci terlebih dahulu pakaian yang baru saja dibeli sebelum disimpan dan akan dikenakan. Selain menyebabkan timbul jamur pada pakaian, bisa meningkatkan risiko penyakit kulit.

BACA JUGA:Ekstrem! Ini Dia 5 Bahan yang Dipakai Orang Zaman Dulu Untuk Memutihkan Gigi Secara Alami

3. Pastikan pakaian kering sempurna

Setelah dicuci, pastikan kondisi dari pakaian harus benar-benar kering ketika akan disimpan. Pasalnya, pakaian yang belum kering sempurna bisa menimbulkan jamur bahkan bau tidak sedap. 

Apabila memang masih lembap ada baiknya untuk dijemur atau angin-anginkan lebih dahulu sampai kering.

Kategori :