Mudah Dijumpai, Inilah 7 Manfaat Genjer untuk Kesehatan

Selasa 06-08-2024,15:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Siapa yang tidak tahu dengan sayur genjer? Sayuran yang mudah dijumpai ini sering kali menjadi bahan yang dapat dihidangkan menjadi sajian lezat untuk menu sehari-hari. 

Selain itu, genjer merupakan jenis sayuran yang  mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh. Apalagi, sayuran genjer juga tergolong mudah ditemukan di rawa atau perairan sawah. 

Nah, oleh karena itu Anda bisa menjadikan genjer sebagai menu sajian sehat dan lezat. Lantas, apa saja manfaat genjer untuk kesehatan? Yuk, simak pada ulasan di bawah ini. 

Genjer, sayuran berwarna hijau ini mempunyai nama latin Limnocharis flava. Selain disebut sebagai sayuran genjer, sebutan lainnya di negara lain adalah sawah lettuce atau yellow sawah lettuce.

Genjer merupakan tumbuhan air sehingga Anda bisa menemukannya di rawa atau sekitaran sawah. Tidak kalah dengan jenis sayuran lainnya, genjer juga mempunyai kandungan gizi yang bermanfaat untuk tubuh.

BACA JUGA:Begini Cara Mengobati Amandel pada Anak di Rumah

Genjer mengandung protein, serat, kalsium, fosfor, natrium, kalium, karoten, niasin, dan vitamin C. 

Berkat kandungan nutrisi yang dimiliki genjer, berikut adalah manfaat genjer untuk tubuh yang perlu Anda ketahui. 

1. Menangkal radikal bebas

Genjer memiliki manfaat untuk menangkal radikal bebas. Sudah dijelaskan sebelumnya jika genjer mengandung karoten. Kandungan karoten di dalam sayuran genjer yang tergolong cukup tinggi juga mempunyai manfaat sebagai antioksidan.

Perlu diketahui bahwa antioksidan merupakan senyawa yang bisa menetralkan molekul yang tidak stabil, yaitu radikal bebas.

Maka dari itu, manfaat serta khasiat antioksidan pada sayuran genjer adalah membantu mencegah stres oksidatif atau kerusakan sel di dalam tubuh.

BACA JUGA:Dermatitis Venenata! Penyakit Kulit Akibat Sentuhan Tomcat

2. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat lainnya dari kandungan karoten pada sayuran genjer adalah membantu meningkatkan kesehatan kulit.

Kategori :