Ragu dengan Obat-obat Apotek? Berikut Bahan Alami Panu yang Ampuh Obati Panu

Senin 05-08-2024,14:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Penelitian tersebut menunjukan bahwa ekstrak lengkuas merah memiliki sifat antijamur dan dapat membasmi pertumbuhan jamur Malassezia furfur yang memicu panu.

BACA JUGA:Kaya Akan Protein, Inilah Manfaat Hati Ayam yang Sering Dihindari

Cara menggunakannya, oleskan minyak lengkuas di area kulit yang terkena panu. Lakukan secara rutin hingga panu perlahan menghilang.

9. Jahe merah

Obat panu yang paling ampuh dan cepat hilang selanjutnya adalah jahe merah. Rempah herbal ini diketahui memiliki sifat antijamur dan dapat membunuh jamur penyebab panu.

Potensi manfaat jahe merah ini juga disebutkan oleh studi dalam jurnal Kedokteran Diponegoro. Dalam studi tersebut, ekstrak jahe merah mampu menghambat pertumbuhan jamur Malassezia.

Bahkan efek antijamur dari jahe merah ini setara dengan ketokonazol, yakni obat untuk membasmi jamur.

10. Lidah buaya

Tidak hanya dapat melembabkan kulit, lidah buaya juga dapat mengobati dan mencegah panu. Ini karena lidah buaya memiliki sifat antijamur dan antiradang yang kuat untuk melawan jamur dan meredakan peradangan yang membuat kulit gatal.

BACA JUGA:Berisiko Terkena Penyakit Mematikan, Inilah Bahaya Makan Jeroan Ayam bagi Kesehatan

Bahan herbal ini juga dapat mempercepat penyembuhan kulit yang rusak. Cara pakainya mudah, tinggal oleskan langsung gel lidah buaya murni ke kulit yang berpanu.

Cara lainnya, campurkan dahulu gel aloe vera dengan beberapa tetes minyak pelarut atsiri seperti minyak zaitun atau minyak kelapa. Ulangi rutin selama dua atau tiga kali sehari.

Itulah obat alami yang dapat Anda gunakan sebagai alternatif pengobatan untuk menghilangkan panu secara alami. Anda bisa mencoba bahan alami yang sudah dijelaskan di atas untuk mengatasi panu. 

Kategori :