12 Manfaat Peach Gum, Getah Pohon Persik yang Menyehatkan

Selasa 06-08-2024,11:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tahukah baru baru ini, viral di media sosial TikTok dengan getah pohon persik yang dikenal dengan sebutan peach gum. Makanan yang bentuknya menyerupai kristal ini biasanya disajikan sebagai dessert. 

Artikel ini akan memberikan informasi mengenai sejumlah manfaat peach gum untuk kesehatan. Apa saja manfaat peach gum yang bisa di dapatkan untuk tubuh? Yuk, simak pada ulasan berikut ini. 

Peach gum adalah makanan yang berasal dari getah pohon persik. Bentuknya menyerupai batu kristal berwarna kuning cerah atau kecokelatan.

Biasanya, makanan yang disebut juga dengan peach resin ini dijual dalam bentuk kering, sehingga perlu direndam terlebih dahulu selama beberapa jam sebelum siap dimasak sebagai sup atau dessert.

Selain itu, peach gum populer digunakan dalam pengobatan tradisional Cina karena kandungan zat gizi yang baik untuk kesehatan seperti, karbohidrat, protein, dan lemak. 

BACA JUGA:Ingin Mengatasi Haid yang Berlebihan, dr Zaidul Akabr Sarankan Minum Ini Sebelum Makan

Selain itu, peach gum mengandung polisakarida dalam jumlah besar yang terdiri dari manosa, asam glukuronat, galaktosa, xilosa, dan arabinosa. Ada beberapa manfaat peach gum untuk kesehatan? Berikut manfaat yang bisa kamu ketahui. 

1. Melindungi dari radikal bebas 

Peach gum dapat melindungi diri dari radikal bebas. Ini dikarenakan peach gum memiliki senyawa fenolik yang merupakan sumber antioksidan. 

Antioksidan merupakan senyawa yang berfungsi untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. 

Senyawa antioksidan ini juga dapat membantu mencegah dan mengurangi stres oksidatif dalam tubuh, melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari, serta meningkatkan sistem imun tubuh. 

BACA JUGA:Ini Penyebab Sakit Tenggorokan Saat Menelan Makanan

2. Meningkatkan massa otot

Peach gum juga diketahui dapat membantu meningkatkan massa otot. Hal ini karena getah dari pohon persik ini mengandung leusin. 

Leusin merupakan salah satu jenis asam amino yang termasuk dalam branched chain amino acid (BCAA) yang berfungsi untuk meningkatkan massa otot di dalam tubuh. 

Kategori :