Ini 5 Pantangan Amandel yang Perlu untuk Diketahui, Salah Satunya Makanan Pedas

Jumat 02-08-2024,10:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Apakah kamu atau orang terdekatmu pernah mengalami amandel? Amandel atau tonsil adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari bakteri dan virus yang masuk melalui mulut.

Saat mengalami amandel. ada beberapa pantangan yang perlu diketahui. Tidak hanya konsumsi makanan, penderita sakit amandel juga perlu menghindari beberapa kebiasaan, seperti berbagi pakai alat makan maupun sikat gigi. 

Dengan mengetahui pantangan tersebut, proses pemulihan akan berlangsung lebih cepat. Namun, ketika daya tahan tubuh menurun, bakteri dan virus tersebut bisa menyebabkan infeksi dan memicu terjadinya radang amandel atau tonsilitis. 

Tonsilitis ditandai dengan adanya pembengkakan pada amandel dan disertai gejala lain, seperti sakit tenggorokan, nyeri pada rahang, demam, dan suara yang terdengar serak. 

BACA JUGA:Agar Hidup Selalu Sehat dan Fit, dr Zaidul Akbar Bagikan Rahasianya

Bila dibiarkan tanpa penanganan, kondisi ini bisa menyebabkan komplikasi berupa amandel bernanah, bahkan infeksi di organ lain.

Oleh karena itu, penanganan yang cepat dan tepat perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya komplikasi. 

Nah, agar proses penyembuhan berlangsung lebih cepat, pengobatan perlu dibarengi dengan memahami berbagai pantangan amandel.

Umumnya, pantangan amandel berkaitan dengan makanan yang dapat menyebabkan maupun memperparah peradangan pada amandel. 

Berikut ini merupakan beberapa pantangan amandel yang perlu diketahui dan dihindari:

BACA JUGA:Sering Makan Sushi dan Shasimi, Ini Dia Risiko Kesehatan Akibat Makan Makanan Mentah yang Perlu Diketahui

1. Makanan pedas

Selain bisa menyebabkan sakit perut, maag, usus buntu dan juga asam lambung. Makanan pedas dipercaya bisa bisa menyebabkan seseorang terkena amandel. 

Orang yang mengalami refluks asam rentan untuk terkena penyakit amandel. Tidak hanya itu saja makanan pedas bisa memicu peradangan amandel. 

Jika sudah memicu peradangan, amandel tersebut bisa membengkak, meradang dan bahkan juga sakit. Alangkah baiknya kita bijak dalam mengkonsumsi makanan pedas. 

Kategori :