Badan Terasa Lemas dan Lelah, Ikuti 8 Cara Ini Untuk Mencegah dan Mengatasinya

Jumat 02-08-2024,14:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Kebiasaan tidur yang baik juga dapat memiliki manfaat kesehatan yang penting. Jika Anda kekurangan tidur, Anda bisa tidur siang singkat. 

Tidur siang mengembalikan kewaspadaan dan meningkatkan kinerja. Tidur siang selama 10 menit biasanya cukup untuk meningkatkan energi. Jangan tidur siang lebih dari 30 menit, atau Anda akan mengalami kesulitan tidur di malam harinya. 

4. Perbanyak Bergerak

Jika Anda merupakan tipe orang yang sulit tidur, memperbanyak bergarak menjadi solusi yang tepat. Anda bisa berolahraga secara teratur selama 30 menit dalam satu kali olahraga. 

BACA JUGA:Sering Makan Sushi dan Shasimi, Ini Dia Risiko Kesehatan Akibat Makan Makanan Mentah yang Perlu Diketahui

Anda bisa melakukan olahraga dengan frekuensi minimal 5x dalam satu minggu atau total 150 menit dalam satu minggu dapat memberikan tambahan energi, dan manfaatnya akan meningkat seiring dengan lebih seringnya aktivitas fisik Anda.

5. Kurangi Berat Badan

Jika tubuh Anda memiliki berat badan berlebih, itu akan sangat melelahkan. Ini juga memberikan beban tambahan pada jantung Anda, yang dapat membuat Anda lelah. Kurangi berat badan dan Anda akan merasa jauh lebih bertenaga.

Selain makan dengan sehat, cara terbaik untuk menurunkan berat badan dan menjaganya adalah dengan menjadi lebih aktif dan melakukan lebih banyak olahraga.

6. Kurangi Stres

Tahukah kamu? Stres dapat menguras banyak energi Anda. Anda bisa mencoba untuk memasukkan aktivitas santai ke dalam agenda sehari-hari Anda. 

BACA JUGA:Harga Jual Hingga 60 Juta, Ini Dia Manfaat Jamur Truffle yang Perlu Diketahui

Ada banyak cara untuk mengurangi stres seperti yoga, mendengarkan musik, membaca buku, berolahraga di gym, menghabiskan waktu bersama teman, atau kegiatan lainnya yang bisa membuat Anda rileks dan meningkatkan energi Anda.

7. Kurangi Konsumsi Alkohol

Meskipun minum beberapa gelas anggur di malam hari dapat membantu Anda tertidur, namun tidur Anda akan terasa kurang nyenyak setelah minum alkohol. 

Keesokan harinya Anda akan merasa lelah, bahkan jika Anda tidur selama 8 jam penuh. Untuk itu, kurangi konsumsi alkohol sebelum tidur. Anda akan mendapatkan istirahat yang lebih baik dan memiliki lebih banyak energi.

Kategori :