Badan Terasa Lemas dan Lelah, Ikuti 8 Cara Ini Untuk Mencegah dan Mengatasinya

Jumat 02-08-2024,14:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kondisi badan lemas merupakan gangguan pada tubuh yang pernah dirasakan hampir semua orang. Badan lemas dan tak bertenaga dapat terjadi akibat beberapa faktor. 

Hal ini juga bisa menjadi tanda umum dari beberapa kondisi medis akut dan kronis. Selain itu, badan lemas juga bisa diakibatkan oleh efek samping dari beberapa jenis obat tertentu. 

Kondisi ini biasa dikenal dengan sebutan Asthenia. Asthenia atau badan lemas biasanya akan hilang setelah penyebabnya diobati. 

Lantas, apa bagaimana cara mengatasi asthenia atau badan lemas terjadi? Berikut ini cara mengatasi badan lemas atau kelelahan yang telah dirangkum Kavacare untuk Anda.

BACA JUGA:Agar Hidup Selalu Sehat dan Fit, dr Zaidul Akbar Bagikan Rahasianya

1. Menjaga Pola Makan 

Menjaga pola makan menjadi salah satu cara yang efektif untuk mengatasi dan mencegah badan lemas atau kelelahan. Caranya dengan makan secara teratur dan mengkonsumsi camilan sehat setiap 3 hingga 4 jam. 

Pola makan ini dinilai lebih bisa menjaga stamina bila dibandingkan dengan makan besar yang lebih jarang. 

2. Minum Cukup Air

Selain menjaga pola makan, dengan mencukupi asupan air Anda dapat mencegah dan mengatasi badan lemas. Ini karena dehidrasi dapat mengurangi energi dan dapat menyebabkan badan lemas. 

Bagaimana cara mengetahui apakah Anda minum cukup air? Anda dapat melihat warna pada air urin. Urin harus berwarna kuning muda atau berwarna jernih. 

Apabila warna urin lebih kuning atau lebih gelap, itu tandanya Anda perlu minum lebih banyak air. 

BACA JUGA:Inilah 8 Manfaat Minyak Sereh bagi Kesehatan

3. Tidur yang Cukup

Kekurangan tidur merupakan salah satu penyebab utama kelelahan siang hari. Cara mengatasinya yaitu tidur yang cukup atau tidur lebih awal di malam hari. 

Kategori :